Connect with us

Pemerintahan

Bupati Bersama Forkopimda Malang Ikuti Musrenbang Penyusunan RKPD 2022

Diterbitkan

||

Bupati Bersama Forkopimda Malang Ikuti Musrenbang Penyusunan RKPD 2022

Memontum Malang – Bupati Malang, HM. Sanusi bersama Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, bersama Forkopimda serta Ketua dan Wakil Ketua TP PKK dan OPD, menghadiri acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Malang Tahun 2022. Kegiatan itu, digelar di Peringgitan Pendopo Agung Kabupaten Malang, Selasa (23/03) tadi.

Musrenbang merupakan forum strategis yang dilaksanakan dalam rangka menyusun rencana pembangunan partisipatif, terpadu dan berkelanjutan, untuk menjaring kebutuhan pembangunan dari berbagai tingkat dan lingkup perencanaan.

Baca juga: Hadiri RAT Kop SAE Pujon, Bupati dan Wakil Titip Peningkatan Produksi Susu

Pada kesempatan itu, Bupati Malang menyampaikan terima kasih kepada nara sumber dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Timur, yang akan menyampaikan materi tentang Arah Kebijakan Pembangunan Provinsi Jawa Timur Tahun 2022, dan juga kepada Plt Ketua DPRD Kabupaten Malang.

“Meskipun Musrenbang RKPD Kabupaten Malang ini berlangsung secara online, namun substansinya tetap sama seperti Musrenbang di tahun-tahun sebelumnya. Apalagi tahun ini juga telah menerapkan sistem perencanaan melalui Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) sesuai ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah,” kata Bupati Malang.

Bupati Sanusi juga menyampaikan, bahwa RKPD Kabupaten Malang tahun 2022, dengan tema ‘Pemulihan Ekonomi melalui Pengembangan Ekonomi Lokal Sektor Unggulan dan Penguatan Sumber Daya Manusia dalam rangka Percepatan Pemulihan Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat’ memiliki kedudukan, peran dan fungsi yang sangat strategis dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Baca juga: Bupati Malang Hadiri Pembukaan Diklatsar Banser Dampit

Pada akhir sambutan, Bupati Sanusi berharap agar Penyelenggaraan Pembangunan pada tahun 2022 akan lebih Terarah, Terukur dan Akuntabel.

“Perencanaan pembangunan yang kita rancang diharapkan tidak hanya berupaya untuk menyelesaikan permasalahan pada saat ini, namun juga mampu mengantisipasi permasalahan di masa yang akan datang. Untuk itu diperlukan kepekaan yang tinggi terhadap permasalahan pembangunan yang ada di sekitar kita,” ujarnya.

Sejalan dengan hal tersebut, pendekatan kolaboratif dengan berbagai pemangku kepentingan, serta penguatan desentralisasi pembangunan kewilayahan dan program-program inovatif untuk membangun Kabupaten Malang, harus terus diperkuat, untuk mewujudkan Kabupaten Malang Aman, Maju, Adil dan Makmur melalui implementasi Malang MAKMUR (Maju, Agamis, Kreatif, Mandiri, Unggul dan Responsif) yang akan segera tertuang dalam RPJMD Kabupaten Malang Tahun 2021-2026. (hms/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *