Connect with us

Pendidikan

Rumah Belajar Anak Bangsa Berikan Pendidikan Tambahan Gratis

Diterbitkan

||

Rumah Belajar Anak Bangsa Berikan Pendidikan Tambahan Gratis

Memontum Kota Malang – Kepedulian Komunitas Anak Bangsa untuk mengentaskan putus sekolah terbilang tinggi. Dengan membangun rumah belajar yang diberi nama Rumah Belajar Anak Bangsa, mereka pun sedikit demi sedikit membantu anak-anak yang memiliki kendala pembelajaran di sekolah.

Sekolah informal yang terletak di Jalan Muharto, Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kedungkandang, itu memiliki total 36 pengajar sejak awal berdiri di bulan Desember 2019 lalu.

Baca juga: Pendidikan Gratis Berkualitas di Jawa Timur, Jangan Hanya Basa-basi

Pengajar mereka adalah para mahasiswa sukarelawan, baik dari universitas negeri maupun swasta di Kota Malang. Salah satunya, adalah Vina Desya Maharina.

“Banyak dari adik-adik yang bertanya, kenapa sih kita harus belajar, toh nanti pekerjaan aku kayak orang tua. Di sini lah, peran kita bagaimana memajukan pemikiran mereka tidak stuck di sana,” ujar mahasiswi Universitas Negeri Malang (UM), Sabtu (27/03).

Walau pun tidak semua murid di rumah belajar itu adalah anak putus sekolah, tetapi Komunitas Anak Bangsa tidak pernah menarik iuran. Ketika ada anak yang kesulitan PR maupun UTS, mereka tetap membantu.

“Banyak pengalaman yang kami dapat, salah satunya bisa bertemu teman baru. Jadi dulu disini kekurangan pengajar. Akhirnya open rekruitmen yang dishare di medsos, mulai dari WhatsApp sampai Instagram. Kenal banyak teman dari open rekruitmen, ada yang dari Universitas Brawijaya (UB), Polinema, dan banyak lagi,” ungkapnya.

Untuk membuat kesan pembelajaran yang menyenangkan para relawan selalu berinovasi tiap minggunya. Terkadang para murid diajak belajar sambil bernyanyi di rumah belajar yang buka di hari Sabtu dan Minggu ini.

“Kami disini belajar sambil bermain. Kami bernyanyi bersama, kalau bosen ya kami ajak main di lapangan,” tuturnya. (mus/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *