Connect with us

Pemerintahan

Buka Munas V APKASI, Jokowi : Di Tengah Pandemi Kewaspadaan Harus Tetap Dijaga

Diterbitkan

||

Buka Munas V APKASI, Jokowi Ditengah Pandemi Kewaspadaan Harus Tetap Dijaga
Suasana pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) V APKASI di Istana Negara.

Memontum Trenggalek – Presiden RI, Joko Widodo, membuka Musyawarah Nasional V Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) yang digelar secara hybrid di Istana Negara.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden menyampaikan apresiasi kepada para kepala daerah atas kerja kerasnya melayani dan mendampingi masyarakat dalam menghadapi pandemi serta membantu mengeksekusi program Pemerintah Pusat.

Baca juga: Bupati Ajak Para Siswa Wujudkan Trenggalek Lebih Hijau

Meski demikian, Presiden juga mengingatkan bahwa tugas penanganan Covid-19 belum berakhir. Risiko penyebaran Covid-19 masih ada namun aktivitas ekonomi juga harus digerakkan. Untuk itu, meski kasus saat ini cenderung mengalami penurunan, namun tidak boleh lengah. Kewaspadaan harus tetap dijaga.

Hal lain yang ditekankan Presiden Joko Widodo adalah terkait program-program strategis di kabupaten yang memecahkan masalah mendasar dan bisa membawa lompatan besar ke depan harus terus dikawal dan diprioritaskan.

“Oleh sebab itu saya titip, yang pertama, ini penting sekali yang namanya konsolidasi anggaran betul-betul harus kita lakukan, apalagi ditengah anggaran kita yang goncang seperti sekarang ini karena pandemi Covid,” pesan Presiden Jokowi, Sabtu (27/03/2021) siang.

Presiden juga meminta Pemerintah Daerah untuk melakukan perencanaan secara matang. “Dan yang paling penting adalah manajemen kontrol atau pengawasan sehingga kualitasnya bagus dan dapat dinikmati manfaatnya oleh masyarakat,” tegasnya.

Dalam hal penanganan Covid-19, Presiden Joko Widodo juga mengingatkan, hal itu berhubungan dengan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten. Saat membuka sektor tertentu, kepala daerah harus terus memantau.

“Sekolah tatap muka terbatas, cek betul ada kasus harian naik atau tidak, begitu naik hati-hati, harus ada kebijakan yang cepat, begitu juga misalnya membuka pasar Covidnya naik dua kali, stop, kalau tidak Covidnya naik terus ekonominya juga tidak dapat,” jelas Presiden Jokowi.

Selanjutnya adalah program vaksinasi harus dikawal dengan detail dan pelaksanaannya dimonitor.

“Saya meminta Kepala Daerah untuk mengontrol prioritas penerima vaksin dan memastikan vaksinasi berlangsung dengan cepat,” ujarnya.

Terkait percepatan pemulihan ekonomi, Presiden menekankan pada program-program padat karya yang harus diperbanyak serta adanya dukungan bantuan bagi sektor UMKM.

“Setiap program yang ada, wajib menggunakan produk-produk lokal,” tutur Presiden.

Dan yang terakhir adalah terkait ekspor dan investasi, Presiden Joko Widodo meminta untuk diberikan pelayanan yang sebaik-baiknya.

Kabar Selebihnya Kabupaten TrenggalekKLIK DISINI…

Sementara itu, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyambut baik pesan Presiden Jokowi untuk selanjutnya ditindaklanjuti.

“Semua pesan dari Presiden akan segera dilakukan percepatan di Kabupaten Trenggalek. Dengan begitu, semua sektor yang ada, insyaallah akan menjadikan Trenggalek benar-benar meroket,” ungkap Bupati Arifin. (mil/syn)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *