Connect with us

Pemerintahan

Wali Kota Malang Dampingi Gubernur Khofifah Resmikan UPT Pelatihan Diskopukm

Diterbitkan

||

Wali Kota Malang Dampingi Gubernur Khofifah Resmikan UPT Pelatihan Diskopukm

Memontum Kota Malang – Kantor UPT Pelatihan Dinas Koperasi dan UKM (Diskopukm) Jawa Timur, yang terletak di Jalan Raya Ki Ageng Gribig, Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, diresmikan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Selasa (30/03) siang.

Turut hadir mendampingi kegiatan, Wali Kota Malang, Sutiaji, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko dan Kepala Diskopukm, Mas Purnomo Hadi.

Pada kesempatan itu, Khofifah menyampaikan harapan yang besar terkait UPT Pelatihan Diskopukm. Yakni, mampu menjadi center of excellent dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) pelaku koperasi serta Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

“Seperti yang kita tahu, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jatim 56.94 persen adalah dari UKM. Kekuatan UKM di Jatim pada tahun kemarin sempat mengalami pelemasan dan kelemahan. Nah hari ini harus bersama-sama kita mendorong agar bangkit kembali,” tegas Khofifah.

Untuk membangkitkan kekuatan UKM di Jatim, lanjut Khofifah, sudah dilakukan banyak opsi. Contoh saja virtual business meeting dari berbagai negara yang terus dilakukan oleh Pemprov Jatim.

Lebih dari itu, Khofifah berharap, terbangunnya juga digitalisasi untuk menyiapkan pelaku UMKM melakukan perdagangan online.

“Artinya, ekosistem harus seiring dengan hadirnya UPT ini. Memang harus disiapkan, sampai dengan teknik memotret sebuah produk dan seterusnya,” jelas Khofifah.

Menurut orang nomor satu di Jatim ini, justru para mentor dan tutor yang harus melakukan training pertama. Selain itu, disampaikan Khofifah, ada beberapa aplikasi yang memang diharapkan bisa terupdate dan bisa memberikan supply berbagai informasi.

“Apalagi info yang diharapkan oleh pelaku UKM dimana saja. Karena kalau secara digital kan borderless, tidak hanya bagi warga Malang Raya, atau warga Jatim saja,” tuturnya. (hms/mus/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *