Connect with us

Kota Malang

Menuju HUT ke-107 Kota Malang, Wali Kota Sutiaji Sampaikan Deretan Capaian Pembangunan di Paripurna DPRD

Diterbitkan

||

Menuju HUT ke-107 Kota Malang, Wali Kota Sutiaji Sampaikan Deretan Capaian Pembangunan di Paripurna DPRD

Memontum Kota Malang – Menuju HUT ke-107 Kota Malang, banyak capaian kemajuan pembangunan yang telah dilaksanakan.

Hal tersebut diungkap Wali Kota Malang, Sutiaji, saat mengikuti Rapat Paripurna dalam rangka peringatan HUT ke-107 Kota Malang, Rabu (31/03) tadi.

Kemajuan pembangunan di Kota Malang ini dibuktikan dan diperkuat salah satunya oleh catatan pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Malang yang berada di angka 81,32.

“Hal ini patut kita syukuri, karena menunjukkan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Malang. Peningkatan juga terjadi pada Angka Harapan Hidup (AHH) yang meningkat dari tahun ke tahun. Ini makin menunjukkan bahwa Kota Malang merupakan kota yang nyaman untuk ditinggali,” ujarnya.

Kemudian angka inflasi Kota Malang juga mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Dimana tahun 2020 hanya sebesar 1.42 persen.

Menurut Sutiaji, menurunnya angka inflasi dapat terjadi karena adanya kerja sama apik antara Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

Meski begitu, untuk Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kota Malang di tahun 2020 sempat alami kenaikan sebesar 9,61 persen.

Sebagaimana angka tingkat kemiskinan yang sebesar 4.44 persen, meningkatnya angka TPT ini juga diakibatkan adanya pandemi Covid-19.

“Sehingga banyak pegawai atau karyawan dari berbagai sektor usaha yang dirumahkan,” tambahnya.

Untuk mengatasi semua permasalahan yang ada dan guna meningkatkan kemajuan pembangunan,
Pemerintah Kota (Pemkot) Malang senantiasa berupaya dan berusaha.

Salah satunya dalam peningkatan perekonomian di Kota Malang dengan mendorong pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) yang ada.

“Saat ini pemerintah Kota Malang sedang membangun Malang Creative Center guna memfasilitasi para pelaku UMKM untuk memasarkan produk yang dihasilkan. Sekaligus sebagai pusat aktivitas para pelaku ekonomi kreatif untuk saling bekerjasama dan berbagi pengalaman,” tutur Sutiaji.

Di bidang infrastruktur, pemilik kursi N1 itu mengatakan, sebagai pemegang peranan penting roda penggerak pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, Pemkot juga sedang berusaha untuk membuka jalan baru sebagai upaya untuk mengurai kemacetan di Kota Malang.

Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika, menyampaikan bahwa ini adalah Rapat Paripurna HUT ke-107 Kota Malang pertama yang pernah diadakan jajarannya.

“Tahun lalu kan tidak bisa menyelenggarakan karena sedang dalam Kondisi Luar Biasa (KLB) akibat Covid-19. Nah, tahun ini kami bersyukur bisa melaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat,” ungkapnya.

Bagi politisi PDI-Perjuangan ini, Rapat Paripurna yang terselenggara merupakan bagian wujud syukur sebagai warga Kota Malang.

Pasalnya, kasus Covid-19 saat ini sudah berangsur-angsur mulai membaik. Bahkan tren penyebaran Covid-19 di Kota Malang dirasa Made sudah makin menurun.

“Sehingga kami berharap di HUT yang mengusung tema ‘Peduli dan Berbagi’ ini kita bersama bisa mengangkat semangat gotong royong. Bersama kita inginkan Kota Malang segera pulih, perekonomian pulih, penanganan Covid-19 dapat ditangani dengan baik, dan semua normal kembali,” jelas Made. (hms/mus/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *