Connect with us

Pemerintahan

Resmi Dibuka Bupati, Pedagang Pasar Pon Mulai Berjualan

Diterbitkan

||

Resmi Dibuka Bupati, Pedagang Pasar Pon Mulai Berjualan
Bupati Trenggalek didampingi Wakil Bupati saat membuka Pasar Pon.

Memontum Trenggalek – Hari ini, Jumat Pon, Pasar Pon Trenggalek resmi dibuka Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin dan mulai beroperasional. Pembukaan pasar berkonsep modern ini dilakukan dengan tasyakuran secara sederhana.

Hal itu juga menandai pasar yang sempat dilanda kebakaran 2 tahun silam ini telah memulai kembali aktifitas jual-beli bagi para pedagang didalamnya.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menuturkan pembukaan Pasar Pon dilakukan tepat hari Jumat Pon sekaligus disiapkan jelang Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

“Harapannya ketika Ramadan dan Lebaran aktifitas transaksi belanja masyarakat ini meningkat,” ucap Bupati Arifin.

Mas Ipin sapaan akrabnya juga berharap pembukaan ini bisa membantu pedagang Pasar Pon untuk kembali pulih pasca mengalami kebakaran pada 2018.

“Semoga dengan kembali dibukanya Pasar Pon ini, bisa memulihkan ekonomi yang sempat redup di masa pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Selain itu dengan konsep Green Building, kebersihan dan manajemen energi di dalam Pasar Pon akan dikelola secara lebih baik.

“Dengan pencahayaan dari sinar matahari melalui atap ruang terbuka di tengah dirasa akan membuat suasana pasar lebih sehat dan tidak lembab. Jadi kami juga meminta baik pengunjung maupun pembeli untuk menjaga kebersihan pasar,” kata Bupati.

Lebih lanjut, untuk memastikan protokol kesehatan, suhu tubuh pedagang dan pengunjung yang akan masuk pasar akan diperiksa. Mereka juga diwajibkan untuk memakai masker dan senantiasa menjaga jarak.

“Kita siagakan security yang siap dengan thermal gun, dan juga handsanitiser di setiap pintu masuk, disediakan tempat cuci tangan,” jelasnya.

Kedepan, kehadiran pasar terbesar dan termegah di Kabupaten Trenggalek ini juga diharapkan menjadi pasar wisata. Dimana tidak hanya ada aktifitas jual beli, namun juga hadirkan berbagai kegiatan dan event didalam pasar.

“Kalau bisa dilihat dibawah ini kan ada atrium yang masih cukup lengang, nanti bisa kita gunakan untuk menggelar event, kegiatan-kegiatan baik acara pemerintah maupun non pemerintah. Diharapkan ini terus membawa Pasar Pon semakin ramai kedepan,” pungkas Bupati Arifin.

Suami Novita Hardini ini meminta agar semua pihak turut memikirkan mulai dari bagaimana Pasar Pon ini bisa lebih baik dari sebelumnya.

“Mungkin untuk sistem parkirnya bisa memakai sistem e-parking agar nantinya kendaraan baik motor atau mobil tidak terlihat semrawut,” tegasnya. (mil/syn)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *