Connect with us

Kabar Desa

Jelang Ramadhan, Kades Suriwan Situbondo Beri Arahan Ketua RT, RW dan Warga Tentang Covid-19

Diterbitkan

||

Jelang Ramadhan, Kades Suriwan Situbondo Beri Arahan Ketua RT, RW dan Warga Tentang Covid-19

Memontum Situbondo – Kepala Desa (Kades) Kotakan bersama Muspika Situbondo Kota, adakan sosialisasi himbauan kepada Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) serta puluhan warganya di lingkungan Dusun Kotakan Cangkreng, Desa Kotakan, Kecamatan Situbondo Kota, Kabupaten Situbondo terkait upaya pencegahan penyebaran Corona virus Disease atau Covid-I9 di wilayah setempat, Jumat (02/04).

Acara sosialisasi himbauan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Kotakan bersama perangkatnya, Babhinkamtibmas, Babinsa Kotakan dari Koramil Kota 0823/01, Kasi Trantibum dari Kecamatan Situbondo Kota dan puluhan masyarakat se-Dusun Kotakan Cangkreng serta dihadiri Linmas Desa Kotakan, Kecamatan Situbondo Kota.

Kepala Desa Kotakan, Suriwan pada kesempatan tersebut mengatakan, bahwa acara sosialisasi himbauan kepada Kepala Dusun dan Ketua Rt/Rw serta warganya untuk bersama-sama mencegah penularan Corona virus Disease atau Covid-19 yang saat ini masih terjadi.

“Saat ini desa-desa khususnya di Kecamatan Situbondo Kota sudah membuat posko penanggulangan pencegahan Corona virus Disease atau Covid-19 dan kami meneruskan himbauan dan instruksi dari Bupati Situbondo melalui Ibu Camat untuk melakukan pengecekan hingga ke warga sampai di tingkat Rt,” kata Suriwan saat memberi arahan pada acara sosialisasi himbauan pada warganya bertempat di Musholla di lingkungan Dusun Kotakan Cangkreng, Desa Kotakan, Jumat (02/04) sore.

Menurutnya, unsur Pemerintah Desa bersama Muspika Situbondo Kota akan terus melakukan peninjauan langsung ke masyarakat untuk melihat kesiapan warga di tingkat Rt/Rw secara door to door atau dari rumah ke rumah warganya dalam pencegahan Corona virus Disease atau Covid-19.

“Sayangi diri kita sendiri dan keluarga kita masing-masing agar terhindar atau terinfeksi dari Corona virus Disease atau Covid-19 hingga wabah ini mereda,” ujarnya.

Suriwan berharap warga yang baru datang dari daerah lain terutama yang kategori zona merah virus Covid-19 agar melaporkan diri kepada aparat desa melalui Ketua Rt/Rw setempat. Sehingga pihak desa bisa melakukan pendataan dan melaporkan riwayat perjalanan yang bersangkutan.

“Tim di desa yang terdiri dari Bhabinkamtibmas, Babinsa dan petugas kesehatan bisa memenuhi setiap warga yang baru datang dari luar daerah,” imbuh Suriwan.

Dia juga mengingatkan agar masyarakat di lingkungan Rt/Rw Se-Dusun Kotakan Cangkreng supaya tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan biasakan mencuci tangan sesering mungkin sehabis beraktifitas.

“Kami menghimbau juga untuk menghubungi staf desa atau aparat desa Kotakan melalui Ketua Rt setempat, jika merasa ada gejala-gejala yang mirip dengan gejala Corona virus Disease atau Covid-19,” himbaunya.

Sementara menurut Kasi Trantibum dari Kecamatan Situbondo Kota Lukman Habsyi menjelaskan, kedatangan kami sesuai dengan arahan Bupati Situbondo tentang himbauan pencegahan Corona virus Disease atau Covid-19.

Kami bersama-sama dengan Kades, lanjut Lukman, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Kotakan dan dibantu dari perwakilan Satpol-PP Pemkab Situbondo dan Linmas Desa Kotakan melaksanakan sosialisasi himbauan ini door to door atau dari rumah ke rumah.

“Sasaran kami adalah warga masyarakat pengurus Rt/Rw, pertokoan, minimarket, warung makan serta tempat hiburan yang berada di wilayah Kecamatan Situbondo Kota ini,” katanya.

Kami sebagai tim Satgas Covid-19 Kecamatan Situbondo Kota, masih kata Lukman, sesuai dengan isi himbauan Bupati Situbondo mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk selalu berperan aktif dalam pencegahan penyebaran Corona virus Disease atau Covid-19 ini dengan mengurangi kegiatan atau aktifitas yang tidak penting di luar rumah.

“Kecuali ada keperluan yang mendesak, hindari tempat-tempat keramaian. Untuk pencegahan dan meminimalisir penularan Corona virus Disease atau Covid-19,” tegas Lukman Habsyi. (mam/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *