Connect with us

Hukum & Kriminal

Warga Dusun Jeding Batu Diresahkan Aksi Pencurian Kambing, 30-an Ekor Raib Bertahap

Diterbitkan

||

Warga Dusun Kedung Batu Diresahkan Aksi Pencurian Kambing, 30-an Ekor Raib Bertahap

Memontum Kota Batu – Warga Dusun Jeding, Desa/Kecamatan Junrejo, Kota Batu, resah. Penyebabnya, aksi pencurian kambing akhir-akhir ini marak.

Bahkan, beberapa warga mengaku sampai kehilangan ternak kambingnya hingga puluhan ekor. Sementara jika ditotal, selama sebulan ada sekitar 30 ekor kambing milik warga, yang raib dari kandang.

Baca juga:

Salah seorang peternak, Puriyanto alias Dobleh, warga Rt 02 Rw 06 Jalan Hasanudin, Dusun Jeding, Desa/Kecamatan Junrejo, mengaku telah kehilangan sembila ekor kambing dalam sepekan.

Aksi pencurian pertama, dirinya alami kehilangan lima ekor kambing. Sementara kehilangan ke dua, raib sebanyak empat ekor.

“Kambing saya kemarin dicuri sebanyak 4 ekor. Sedangkan satu minggu lalu, saya juga kehilangan 5 ekor kambing. Kalau ditotal, kerugiannya sekitar Rp 27 juta. Karena, kambing-kambing tersebut mutunya baik dan besar,” kata Puriyanto saat ditemui dikandangnya, Rabu (07/04) tadi.

Dirinya mengatakan, sebenarnya aksi pencurian yang dilakukan terakhir kali, dirinya mengetahui kalau ada aksi pencurian.

Namun, saat itu dirinya tidak menyangka, bahwa orang yang tidak dirinya kenal dan membawa motor Honda beat dengan menggunakan Helm merah, adalah terduga pelaku pencurian kambing (Curwan, red). “Eeh… Ternyata tahu-tahu besoknya, kambing saya hilang semua,” ungkapnya.

Setelah mengetahui adanya aksi pencurian, dirinya langsung lapor Ketua Rt 02 Rw 6 Desa Junrejo, Jumari. Namun, dirinya tidak melaporkan kejadian ke polisi, karena lapor ke Rt dirasa sudah cukup.

Menurut Riyanto-sapaan akrabnya, yang menjadi korban pencurian bukanlah dirinya seorang. Tetapi, juga menimpa warga lain. Seperti, Samiun warga Jeding, juga kehilangan 11 ekor dalam dua kali pencurian. Pertama, delapan ekor dan terakhir tiga ekor kambing.

Selain itu, dirinya juga menyampaikan, Supri, Gimin, Kasihan Mislan yang merupakan tetangganya sendiri, juga menjadi korban aksi pencurian hewan ternak. Masing-masing ada 12 ekor, 3 ekor dan 2 ekor kambing.

Dirinya berharap, aksi pencurian yang marak ini, malingnya segera tertangkap. Sehingga, tidak meresahkan warga.

Kapolsek Junrejo, AKP Diana Pujiastuti, saat dihubungi via ponselnya membenarkan informasi tersebut. Namun, karena jumlah kerugian yang dialami tergolong besar, maka diarahkan untuk konfirmasi langsung kepada Kasat Reskrim Polres Batu. (bir/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *