Connect with us

Pemerintahan

Gubernur Jatim Tinjau Lokasi Terdampak Gempa di Lumajang, Dapati Warga Tempati Kandang Ternak

Diterbitkan

||

Memontum Lumajang – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansah, didampingi Bupati Lumajang, mengunjungi sejumlah lokasi terdampak gempa bumi yang berada di kawasan wisata Tumpak Sewu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pasirian, Senin (12/04) tadi. Dalam kunjungannya itu, Gubernur menemukan sejumlah masyarakat yang menempati kandang ternak sebagai tempat tinggal sementara, akibat terdampak gempa.

Menanggapi hal itu, Gubernur Jawa Timur, menyampaikan bahwa akan ada bantuan perbaikan rumah dengan target selama dua bulan. “Hari ini memastikan SDM TNI Polri untuk melakukan percepatan pembangunan rumah warga yang terdampak bencana. Harapan Bapak Presiden ini, semua selesai dalam waktu dua bulan,” terangnya.

Baca Juga :

Sementara itu untuk perbaikan fasilitas umum dan fasilitas sosial, akan langsung ditangani oleh Kementrian PUPR. Dirinya meminta, semua elemen bersinergi untuk proses recovery dan rekonstruksi pasca bencana.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, menyampaikan bahwa saat ini pihaknya masih fokus melakukan penanganan pada wilayah paling terdampak. Dirinya juga telah meminta, pemangku wilayah untuk melakukan pendataan dan validasi kondisi rumah terdampak gempa.

“Kita masih memvalidasi mana rumah yang aman dan mana yang tidak aman, kita minta masyarakat untuk tidak masuk ke rumah yang kondisinya tidak aman,” terangnya.

Selain itu, Bupati Lumajang juga menyampaikan bahwa pemerintah sedang melakukan upaya pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, seperti halnya makanan, kesehatan dan tempat tinggal sementara yang layak. (kom/lmj/adi/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *