Connect with us

Pemerintahan

Sambut Bulan Suci Ramadhan, Bupati Jombang Gelar Megengan dengan Jumlah Apem 1.442

Diterbitkan

||

Memontum Jombang – Pemerintah Kabupaten Jombang menggelar megengan dalam rangka menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1442 H. Acara sendiri, diawali dengan pemberian santunan kepada beberapa anak yatim oleh Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab. Turut hadir Forkopimda serta Camat se-Kabupaten Jombang dan bertempat di Pendopo Kabupaten Jombang, Senin (12/04) tadi.


Bupati Jombang dalam kesempatan itu menyampaikan, bahwa hari ini Pemerintah Kabupaten Jombang melaksanakan kegiatan megengan dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan. Kegiatan ini, sudah rutin dilakukan selama delapan tahun berturut-turut.

Baca Juga :


“Biasanya, kegiatan megengan ini dilakukan dengan kirab gunungan apem dari Dingin Contoh menuju Alun-Alun Jombang. Namun, karena dalam kondisi pandemi seperti saat ini, kegiatan digelar di Pendopo,” kata Bupati Jombang.

Megengan adalah tradisi mulai jaman Sunan Kalijaga. Megengan itu berasal dari kata megeng yang berarti menahan. Jadi, di bulan puasa kita harus menahan nafsu, menahan haus, menahan lapar serta menahan semua perbuatan yang dilarang oleh Allah


“Makanya pada bulan menjelang Ramadhan, kita ke makam leluhur masing-masing untuk berdoa memohonkan ampunan kepada Allah agar dosa leluhur kita di ampuni,” ujar Bupati Jombang.
Jumlah apem yang di bagikan sebanyak 1.442 dengan sekitar tinggi 3 meter. Kenapa jumlah apemnya sebanyak 1.442, karena tahun ini adalah tahun 1442 H,” terang Bupati. (azl/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *