Connect with us

SEKITAR KITA

Terpilih Jadi Desa Cantik, Desa Penambangan Akan Jadi Contoh di Bondowoso

Diterbitkan

||

Terpilih Jadi Desa Cantik, Desa Penambangan Akan Jadi Contoh di Bondowoso

Memontum Bondowoso – Desa Penambangan, Kecamatan Curahdami-Bondowoso, berhasil terpilih menjadi Desa Cantik (Cinta Statistik) oleh BPS Pusat dari 100 Desa se-Indonesia. Sedangkan untuk tingkat Jawa Timur, ada sebanyak enam desa, yang salah satunya yakni Desa Penambangan.

Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat, menyebutkan baik atas raihan prestasi itu. Desa sadar statistik tersebut merupakan program nasional menjadi satu Indonesia.

Baca juga:

“Di Bondowoso sendiri sudah menjadi program kami membangun satu data melalui desa. Sehingga, proses perencanaan pembangunan itu betul-betul berbasis masyarakat,” ungkapnya kepada Momentum.com pada Rabu (14/04) tadi.

Bukan hanya Desa Penambangan, yang terpilih sebagai Desa Cantik. Namun, nantinya desa-desa yang lain harus juga cinta statistik. “Ini merupakan satu kebutuhan kita dalam proses perencanaan pembangunan. Utamanya, di Kabupaten Bondowoso,” terangnya.

Kepala Desa Penambangan, Martha Sprihastini, mengatakan bahwa desanya menjadi satu-satunya di Bondowoso, yang terpilih menjadi Desa Sadar Statistik.

“Iya, desa kami Desa Penambangan menjadi satu-satunya di Kabupaten Bondowoso,” katanya.

Untuk memudahkan kinerja di desanya, kata Merta, BPS Jatim akan membantu pihaknya dalam memfasilitasi pengolahan data di Desa Penambangan, yang sesuai dengan kategori statistik.

“Tujuannya mungkin suatu saat, kegiatan pembangunan, bantuan atau pun hal yang lain, bisa tetap sesuai sasaran, bisa nyambung dengan potensi yang ada didesa” katanya.

Perlu diketahui, bahwa ada beberapa inovasi di Desa Penambangan Kecamatan Curahdami. Yakni diantaranya, Tiang Pintar yang merupakan bidang keamanan masyarakat. Yang berada disalah satu sudut yang rawan.

Di mana, Tiang Pintar tersebut telah dilengkapi dengan surya panel, CCTV dan bolham emergency.
Selain itu inovasi yang lain ialah, Rumah Edukasi yang terletak di Dusun terpencil, namun telah dilengkapi dengan jaringan internet dan perpustakaan mini.

Rumah edukasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat untuk bisa melangsungkan kegiatan belajar dan mengajar. Tidak hanya itu, Pemerintah Desa Penambangan Kecamatan Curahdami, pun memfasilitasi jaringan internet secara gratis yang telah tersebar di setiap dusun. Dan inovasi lainnya, seperti Aplikasi Pintar. (dul/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *