Connect with us

SEKITAR KITA

Jaga Stok Darah, PMI Jember Gelar Donor di Masjid

Diterbitkan

||

Jaga Stok Darah, PMI Jember Gelar Donor di Masjid

Memontum Jember – Menjaga ketersedian stok darah dan mempermudah umat Islam tetap bersedakah melalui donor darah, PMI menggelar donor darah keliling. Ada pun sasarannya kali ini, adalah pendonor darah di jamaah masjid.

Seperti yang terlihat pada Kamis (15/04) tadi, puluhan warga yang tinggal di sekitar masjid Jami’ Darul Muttaqin Balung, digelar donor darah paska Salat Tarawih. Kegiatan donor darah di masjid Jami’ Darul Muttaqin Balung sendiri, merupakan aktifitas rutin. Pasalnya, banyak relawan pendonor yang aktif mengikuti donor darah saat Bulan Puasa.

Baca juga:

“Kegiatan donor darah di masjid Jami’ Darul Muttaqin Balung, adalah kehiatan rutin. Kesadaran masyarakat sekitar untuk donor darah, cukup tinggi dan minimal bisa sedekah darah untuk sesama yang membutuhkan,” kata Ketua PMI Kabupaten Jember, Zaenal Marzuki.

Zaenal menamnahkan, puasa tidak menghalangi para relawan pendonor darah untuk tetap donor darah. “Kalau tidak puasa, donor darah bebas dilakukan. Tetapi kalau pas puasa Ramadan, lebih baik dilakukan pada malam hari. Kebetulan di masjid-masjid pada Bulan Ramadan, menggelar Salat Tarawih. Sehingga, usai salat tarawih mereka donor darah,” imbuhnya.

Tidak hanya mereka yang ikut sholat tarawih saja yang ikut donor darah. Banyak warga sekitar masjid yang ikut salat tarawih ikut datang saat donor darah dimulai.

“Masyarakat sekitar masjid juga banyak yang ikut donor darah. Ini bukti bahwa kesadaran masyarakat untuk ikut donor darah meningkat,” ujarnya.

Apalagi, sambungnya, selama Ramadan ada suvenir menarik disiapkan oleh PMI Kabupaten Jember untuk donor darah. “Ini program PMI, setiap ramadan ada suvenir khusus bagi pendonor yang lolos donor darah,” paparnya.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember, dr Dudung Ari Rusli, menjelaskan bahwa pelaksanaan donor darah selama Ramadan 1442 H dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. “Saat ini masih pandemi Covid-19 sehingga pelaksanaan donor darah tetap mematuhi protokol kesehatan,” katanya.

Dirinya menghimbau, masyarakat untuk datang ke tempat-tempat donor darah malam hari selama Ramadan 1442 H. “PMI sudah menjadwalkan donor darah selama Ramadan 1442 di kantor kecamatan atau masjid terbesar di masing-masing kecamatan untuk kegiatan donor darah sukarela. Jadwal donor darah sudah kami sebar melalui media sosial,” ujarnya.

Masih menurut dirinya, donor darah ramadhan di masjid Jami darul muttaqin Kecamatan Balung, berhasil peroleh 39 kantong dan tertolak 12 pendonor. Sedangkan di Pendopo Kecamatan Kencong, berhasil menghimpun 64 kantong dan yang gagal donor sebanyak 29 orang dikarenakan tensi rendah dan hb tidak memenuhi syarat donor. (rio/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *