Connect with us

Pemerintahan

Wabup Trenggalek Terima Kunjungan Tim ARuPA dan USAID Bijak

Diterbitkan

||

Wabup Trenggalek Syah M. Natanegara dan Sekda Trenggalek saat menerima kunjungan ARuPA dan USAID Bijak di kantor sekretariat daerah.
Wabup Trenggalek Syah M. Natanegara dan Sekda Trenggalek saat menerima kunjungan ARuPA dan USAID Bijak di kantor sekretariat daerah.

Memontum Trenggalek – Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara bersama Sekretaris Daerah Joko Irianti terima kunjungan Aliansi Relawan untuk Penyelamatan Alam (ARuPA) dan USAID Bijak.

Dalam pertemuan tersebut, ARuPA melaporkan kepada Wakil Bupati Trenggalek terkait perkembangan kegiatan pendampingan KEE Pantai Taman Kili-kili di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul.

Baca juga:

Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan bersama lembaga ARuPA Yogyakarta dengan dukungan dari USAID – Bijak guna memberikan dukungan kepada Pemkab Trenggalek dalam menginisiasi dibentuknya Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) Pantai Taman Kili Kili.

Direktur Eksekutif ARuPA, Edi Suprapto memaparkan terkait latar belakang dilaksanakannya program pendampingan KEE di Kabupaten Trenggalek. “Keberadaan area pendaratan penyu sebagai spesies dilindungi di Pantai Taman Kili Kili,” ucap Edi, Sabtu (17/04/2021) sore.

Edi menyebut dengan peran area pendaratan penyu tersebut maka kawasan ini masuk ke dalam area bernilai konservasi tinggi (ABKT).

“Sehingga diperlukan perlakuan khusus diantaranya dengan menjadikan kawasan tersebut sebagai KEE,” imbuhnya

Sementara itu, perwakilan USAID- Bijak Hayu Wibawa mengatakan hal yang sama. “Dengan dibentuknya KEE di Pantai Taman Kili Kili, maka diperlukan penguatan dari sisi kelembagaan pengelola KEE,” kata Hayu.

Dimana sebagian besar anggota pengelolanya terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Trenggalek. “Selain penguatan dari sisi kelembagaan, penguatan lainnya dilakukan dalam bentuk penyusunan dokumen pengelolaan rencana aksi KEE Pantai Taman Kili Kili 2021-2025,” katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Wakil Bupati Trenggalek, Syah Natanegara menyambut baik adanya dukungan USAID Bijak dan ARuPA terhadap keberadaan KEE Pantai Taman Kili-Kili.

“Kami berharap adanya kelanjutan program untuk mendukung langkah Pemerintah Kabupaten Trenggalek dalam menjalankan tugas dan fungsi yang berkaitan dengan KEE Pantai Taman Kili Kili,” terang Wabup Syah.

Menurutnya, upaya ini selaras dengan komitmen Pemkab Trenggalek sesuai visi misi Bupati yakni Meroket.

“Dalam menjaga kelestarian ekosistem ini sangat sesuai dengan visi kerja Bupati Trenggalek yaitu MEROKET, Maju ekonomi rakyatnya, Orangnya/Organisasinya kreatif; Ekosistemnya terjaga,” pungkasnya. (mil/syn)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *