Connect with us

KREATIF MASYARAKAT

Takjil Paling Diburu Selama Ramadan, Mana Pilihan Anda

Diterbitkan

||

Memontum Probolinggo – Beragam makanan dan minuman yang ditunggu-tunggu selepas adzan magrib di Bulan Ramadan. Biasanya kita menyebutnya dengan takjil.

Takjil sendiri adalah istilah dalam Bahasa Arab: ta’jil, yang berarti menyegerakan berbuka sebagaimana hadits Riwayat Anas bin Malik.

“Apabila kamu ingin berbuka, berbukalah dengan kurma. Jika tidak ada, minumlah air putih karena ia suci,” (HR At-Tirmidzi).

Termasuk apa saja makanan dan minuman yang paling diburu saat berbuka? Ada beberapa makanan dan minuman terpopuler yang berhasil kami rangkum.

Di Bulan Ramadan, buah kurma biasanya paling dicari. Sejak zaman Rasulullah SAW, buah ini telah dikonsumsinya untuk buka puasa, Senin (19/04).

Baca Juga:

Menurut penelitian, buah yang aman dikonsumsi bagi penyandang diabetes ini ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan seperti menyehatkan pencernaan, menurunkan kolesterol, meningkatkan kesehatan otak, dan menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.

Selain itu, kolak yang disajikan setelah waktu berbuka biasanya memiliki isi yang bermacam-macam. Ada kolak pisang, singkong, kolang-kaling dan labu. Makanan bersantan ini populer karena telah dianggap budaya bagi masyarakat Indonesia. Tak heran, makanan pembuka ini kerap ada di setiap rumah.

Makanan yang satu ini biasanya tidak terlewatkan bagi umat Muslim saat berbuka. Makanan ini kerap dicari masyarakat. Jenis gorengan pun beragam, ada yang berisi sayur seperti bakwan, atau hanya campuran tepung dan tempe.

Tidak ketinggalan juga, kue-kue tradisional juga masih menjadi hidangan pembuka paling favorit. Uniknya, tiap daerah di Indonesia memiliki kue yang beraneka ragam jenis dan namanya. Kue tradisional favorit termasuk putu ayu, apem, onde-onde dan banyak lagi.

Tidak kalah menarik yaitu, minuman yang berisi bermacam-macam buah ini biasanya menjadi penyegar di kala berbuka. Rasanya yang manis, ditambah dengan buah segar membuat tubuh Anda lebih segar.

Salah satu pembeli takjil, Ida, warga Mayangan mengatakan, “kami senang pilih kolak buat berbuka, disamping rasanya yang segar dan enak, ini sudah rutin kami lakukan setiap memasuki  Ramadhan kami selalu berburu takjil disini,” kata Ida. (geo/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *