Connect with us

Pemerintahan

Safari Ramadan, Bupati Trenggalek Ingatkan Pentingnya Sedekah

Diterbitkan

||

Safari Ramadan, Bupati Trenggalek Ingatkan Pentingnya Sedekah
Bupati Trenggalek saat melakukan safari Ramadan di Desa Kamulan Kecamatan Durenan.

Memontum Trenggalek – Melakukan Safari Ramadan 1442 H / 2021, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin ingatkan masyarakat untuk tidak lengah terhadap penyebaran Covid-19.

Meskipun saat ini angka kasus positif cenderung menurun, namun masyarakat harus bisa saling menjaga, apalagi menjelang hari raya Idul Fitri mendatang.

Baca juga:

“Saya berharap, dalam menghadapi situasi pandemi begini ini jangan hanya dengan pendekatan akal tapi juga pendekatan hati,” ucap Bupati Arifin saat dikonfirmasi, Senin (19/04/2021) malam.

Bupati Nur Arifin juga mengajak kepada masyarakat meski di tengah kondisi pandemi saat ini untuk senantiasa bersyukur dengan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT berupa kesehatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, di bulan Ramadhan saat ini di samping kewajiban menjalankan ibadah puasa maupun memperbanyak amalan dengan ibadah-ibadah lainnya, Bupati Nur Arifin juga mengingatkan tentang pentingnya sedekah.

Sebagai bentuk kepedulian dengan sesama, sedekah diharapkan menjadi kunci pertolongan Allah SWT agar pandemi segera berlalu.

“Saya meyakini, di saat bangsa kita sedang butuh pertolongan Allah yang Maha Esa, di saat wabah memporak-porandakan segala sendi, maka saya mengajak diri saya sendiri, mengajak bapak ibu sekalian, semoga kita tidak menjadi hamba Allah yang kemudian ditegur oleh Allah di masa-masa awal turunnya Al-Qur’an,” imbuhnya.

Selain berkewajiban puasa, di bulan puasa ini amalan yang tidak bisa dilakukan di bulan lain yaitu zakat dan sedekah bagi yang mampu. Selain sebagai amal salih, keutamaan sedekah juga diyakini umat muslim dapat menjauhkan dari musibah.

“Yaitu orang yang memiliki rezeki, orang yang memiliki kekuasan, tetapi kemudian tidak mau menafkahkan rezekinya, tidak mau menggunakan kekuasaannya untuk hal-hal yang terpuji, atau bahkan kekayaan dan kekuasaan itu mengeraskan hati kita,” kata Bupati.

Suami Novita Hardini ini berharap, semoga dengan adanya ibadah puasa yang dilakukan ini juga menambah kedermawanan manusia.

“Maka semoga dengan ibadah puasa dengan amalan-amalan lainnya, menambah kedermawanan kita, dan saya yakin sedekah kita, zakat kita menjadi bagian dari keselamatan kita bersama,” tegasnya.

Tak lupa, ditengah situasi pandemi covid-19 seperti saat ini pria yang akrab disapa Mas Ipin ini juga meminta agar tidak hanya disikapi dengan pendekatan akal tapi juga dengan pendekatan hati.

Jika secara akal, untuk menghindari penyebaran bisa dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan. Namun dengan pendekatan hati bisa dilakukan dengan cara saling menjaga sesama dari resiko penularan covid seperti yang telah disampaikan oleh Pemerintah Pusat,” pungkasnya. (mil/syn)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *