Connect with us

Hukum & Kriminal

Tiga dari Enam Pelaku Kawanan Spesialis Motor dan Pickup Ditembak Polres Jember

Diterbitkan

||

Memontum Jember – Anggota Satuan Reskrim (Satreskrim) Polres Jember, berhasil membekuk enam kawanan pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di wilayah Hukum Jember. Wakapolres Jember, Kompol Kadek Ary Mahardika, didampingi Kasat Reskrim, AKP Fran Dalanta Kembaren, menggelar perkara keenamnya di Mapolres, Rabu (21/04) tadi.

Kasat menjelaskan, digelandangnya keenam tersangka sebagai bentuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, manakala terjadi tindakan pencurian kendaraan bermotor di masyarakat. Sejumlah pelaku itu, ditangkap anggota selama dua pekan terakhir.

“Dalam jangka waktu dua minggu ini, Polres Jember berhasil mengamankan enam pelaku curanmor,” terangnya.

Ditambahkan, dari hasil pengembangan di lokasi kejadian, diketahui bahwa kawanan pelaku tidak hanya beraksi di dalam Kota Jember. Namun, juga menyasar wilayah pinggiran. Seperti Arjasa, Rambipuji, Kencong, Ambulu dan Puger, yang merupakan wilayah hukum Polres Jember.

“Laporan dari anggota Reskrim, ada sedikitnya 25 an tempat kejadian perkara, yang dilakukan kawanan pelaku. Mereka ini terdiri dari tiga kelompok. Satu kelompok spesialis pickup dan dua kelompok lain spesialis sepeda motor. Pelaku dalam menjalankan aksinya, menggunakan kunci T,” terang Fran.

Masih menurut Kasatreskrim, pelaku tindak pidana curanmor bisa dipidanakan dengan Pasal 363 KUHP yaitu dengan pasal pencurian dengan pemberatan dengan ancaman kurungan penjara maksimal 7 tahun.

Dari keenam pelaku atau tersangka, tiga diantaranya harus dilumpuhkan dengan timah panas karena melawan petugas.

Baca Juga:

Polres Jember juga mengundang pemilik kendaraan untuk menyaksikan dan mengambil kendaraannya.

Slamet Riyadi warga Karanganyar, Ambulu, pemilik sepeda merk Honda type beat mengaku senang setelah pelaku dan motor miliknya berhasil kembali.

“Saya berterima kasih kepada Polres Jember yang bekerja secara profesional,” katanya dengan tersenyum.

Sementara korban curanmor lainnya, Lukman Hadi warga Arjasa pemilik mobil L300 bersyukur mobil kesayangan berhasil kembali. “Saya bersyukur kendaraan L 300 sudah kembali. Kejadiannya di Sumberbaru. Saya mengapresiasi kinerja Reskrim Polres Jember yang cepat sekali mengatasi kejadian pencurian. Dalam hitungan jam pelaku sudah tertangkap,” kata Lukman kepada wartawan. (rio/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *