Connect with us

SEKITAR KITA

Hadapi Kemarau, DLH Kota Probolinggo Mulai Pangkas Dahan Pohon

Diterbitkan

||

Hadapi Kemarau, DLH Kota Probolinggo Mulai Pangkas Dahan Pohon

Memontum Probolinggo – Sebagai upaya untuk merawat pohon-pohon besar di jalan protokol Kota Probolinggo, sekaligus menghindari terjadinya bencana pohon tumbang akibat pelapukan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo, melakukan pemangkasan ranting pohon yang rindang dan lapuk di Jalan Basuki Rachmad, Kecamatan Mayangan, Kamis (23/04).

Bertumpu pada truk bak terbuka, seorang petugas tampak memotong menjadi beberapa bagian dahan pohon yang merintangi jalan. Pemangkasan dilakukan saat memasuki musim kemarau untuk mendukung penyemaian pohon dan menghindari pembusukan.

Baca juga:

“Tidak hanya saat musim kemarau, musim penghujan kami juga melakukan pemangkasan. Hanya saja, memasuki musim kemarau aktifitas pemotongan lebih sering dilakukan,” ujar Kepala DLH, Rachmadeta Antariksa

Saat disinggung suhu panas saat musim kemarau dan bersamaan Ramadhan, Rachmadeta Antariksa yang akrab disapa Deta menjelaskan, walau musim kemarau bersamaan dengan Bulan Ramadan, karena DLH memiliki keterbatasan tenaga, maka pemangkasan pohon dilakukan secara berkala. Mengenai suhu panas, pihaknya mengaku tidak ada pilihan lain selain memangkas ranting yang terlalu rindang.

“Jika pohon-pohon yang memiliki ranting yang rindang. Misalnya ada yang tumbang, nanti siapa yang terdampak, masyarakat juga kan. Nanti setelah dipangkas juga akan tumbuh kembali,” imbuh Deta.

Saat ini, pemangkasan pohon difokuskan di jalan-jalan protokol kota, di antaranya di Jalan Basuki Rachmad, Gatot Subroto, Panglima Sudirman dan titik lainnya. Setelah selesai nanti, pemangkasan ranting pohon akan dilanjutkan di jalan-jalan protokol kecamatan. (geo/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *