Connect with us

Kabar Desa

Enam Bacakades Kebunan Sumenep Siap Bersaing, Satu Balon Bakal Skoring

Diterbitkan

||

Enam Bacakades Kebunan Sumenep Siap Bersaing, Satu Balon Bakal Skoring

Memontum Sumenep – Pilkades Kebunan bakal berlangsung seru. Hal itu lantaran diikuti oleh bakal calon (Balon) yang berjubel. Terbukti, pada pendaftaran Calon Kepala Desa (Cakades) Kebunan, Kecamatan Kota, Sumenep hingga ditutup secara resmi diikuti 6 Bacakades. Akhirnya, Sebanyak 6 Bacakades telah resmi terdaftar di sekretariat Panitia Pilkades Kebunan. Keenam kontestan itu berasal dari desa setempat.

“Ya, ada 6 orang yang sudah mendaftar sampai tanggal 21 April 2021. Hanya saja dari keenam bakal calon itu hanya satu Cakades yang berasal dari masyarakat biasa,” kata Ketua Panitia Pilkades, Farid Anwar, kepada media.

Baca juga:

Menurutnya, dari enam pendaftar itu, yakni, mantan Kades Kebunan, Abdur Rahman, lalu Waki’ah, dengan pengalaman kerja jadi Kepala Desa Kebunan, Mulyadi dengan pengalaman kerja jadi perangkat desa, kemudian Qurratul Aini, dengan pengalaman perangkat desa, kemudian Dedi Suhriyanto, dengan pengalaman kerja BPD, dan Dasla Taji Suwoto, dari masyarakat biasa yang belum pernah memiliki pengalaman sebagai perangkat desa.

“Dari kelima bakal calon itu, berpengalaman di Pemerintah Desa Kebunan dan yang satunya pengalaman di bidang lainnya. Namun nantinya hanya ada 5 cakades yang akan berlaga. 1 bacakades akan gugur dalam seleksi skoring oleh tim kabupaten,” ungkap Farid Anwar.

Sehingga, jelas Farid, tahapan berikutnya, verifikasi data sesuai peraturan Undang-Undang Pilkades yang berlaku. Semua akan melangkah ketahapan seleksi ditingkat kabupaten. “Tahapan verifikasi data diserahkan kepada tim penilai kabupaten untuk uji kompetensi,” ujarnya.

Dirinya, memastikan dalam pelaksanaan Pilkades ini, panitia benar-benar netral. “Semua kami kembalikan kepada masyarakat untuk memilih sesuai hati nuraninya,” jelasnya.

Namun, Pihaknya menyampaikan, nantinya dari hasil skoring atau uji kompetensi dari keenam itu akan disaring menjadi lima calon saja. Kelima cakades itu nantinya akan diumumkan kepada masyarakat yang lolos dalam tes tersebut. “Kami akan umumkan nanti siapa calon yang masuk kategori lolos dalam tes uji kompetensi tersebut,” ucap Farid Anwar.

Sementara, kata Farid, jumlah hak pilih sesuai DPS (daftar pemilih sementara) Desa Kebunan sejumlah 2.274 pemilih. “Desa Kebunan dibagi menjadi 6 TPS dari 3 Dusun. Dusun Longgara, Dusun Senmasen, dan Dusun Tarajjen,” jelas Farid Anwar. (dan/edo/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *