Connect with us

Pemerintahan

Pemkab Lumajang Bakal Percepat Rekonstruksi Korban Terdampak Gempa

Diterbitkan

||

Pemkab Lumajang Bakal Percepat Rekonstruksi Korban Terdampak Gempa

Memontum Lumajang – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, menjelaskan bahwa dari data yang perolehnya per 23 April 2021, sedikitnya ada 600 lebih rumah tercatat mengalami kerusakan parah akibat bencana gempa yang terjadi 10 April lalu. Sementara, lebih dari 2.500 rumah mengalami rusak sedang dan ringan.

Merespon hal itu, dirinya bersama Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati dan jajaran Forkopimda, pun menargetkan rekonstruksi dilakukan secepatnya.

Baca Juga:

“Ini benar saya kejar. Saya pastikan, ini (rekonstruksi, red) berjalan cepat. Ada percepatan dan segera selesai,” ujar Bupati Lumajang, Sabtu (24/04) tadi.

Bupati yang akrab disapa Cak Thoriq itu menjelaskan, bahwa nantinya rumah yang rusak akan mendapatkan bantuan sesuai dengan kategori kerusakan dari pemerintah pusat.

Untuk rumah rusak parah, akan mendapat bantuan sebesar Rp 50 juta, yang diberikan dalam bentuk bangunan rumah tipe 36. Sementara untuk rusak sedang, diberikan bantuan Rp 25 juta untuk perbaikan. Demikian rusak ringan akan diberikan bantuan Rp 10 juta untuk perbaikan.

“Dana dari APBN, setelah melakukan pemenuhan data nanti itu bisa segera realisasi. Karenanya, kami akan mengejar itu secepatnya. Ini kami prioritaskan,” terangnya.

Selain itu, tambahnya, dalam proses pendataan dan menunggu realisasi bantuan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah akan membangunkan hunian layak sementara. (kom/lmj/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *