Connect with us

Pemerintahan

Bupati Malang Hadiri Panen Raya Padi di Desa Kanigoro dan Deklarasi Komunitas Estate Padi

Diterbitkan

||

Memontum Malang – Bupati Malang, HM Sanusi, meninjau panen raya dan acara Deklarasi Komunitas Estate Padi Kanigoro Jaya Makmur yang bertempat di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Rabu (28/04) tadi.

Turut hadir mendampingi Bupati Malang di antaranya Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortilkultura, dan Perkebunan, Dr. Ir. Budiar, M.Si, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Victor Sembiring, S.Pt., ME, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Nurcahyo, S.H., M.Hum.

Baca juga:

Termasuk Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia IPB University dan tim, Prof Christopher Patrick Alexander Bennett dari University British Columbia Canada, Muspika Pagelaran, Kepala Desa Kanigoro, serta Ketua dan Pengurus Komunitas Estate Padi (KEP) Kanigoro Jaya Makmur.

Kabupaten Malang merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi tinggi untuk pengembangan sektor pertanian. Berdasarkan data dari Dinas Tanaman Pangan, Hortilkultura, dan Perkebunan Kabupaten Malang, serta Badan Pusat Statistik tahun 2021, luas lahan baku sawah di Kabupaten Malang, mencapai 45.888 hektar.

Telah menyerap tenaga kerja sebanyak 453.819 jiwa atau sebesar 32,34 persen dari jumlah total angkatan kerja. Besarnya potensi dan penyerapan tenaga kerja di sektor pertanian tersebut mengindikasikan bahwa sektor pertanian merupakan salah satu penopang utama perekonomian guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati Malang menyampaikan, apresiasi dan terima kasih kepada IPB, Dinas Tanaman Pangan, Hortilkultura, dan Perkebunan Kabupaten Malang, serta University British Columbia Canada, yang telah bekerja sama dalam meningkatkan produksi panen padi di Desa Kanigoro.

HM Sanusi, mengharapkan peningkatan panen padi untuk tahun depan dapat mencapai 15 ton per hektar, di mana tahun ini telah mencapai 12 ton per hektar. Dinas Tanaman Pangan, Hortilkultura, dan Perkebunan diharapkan dapat memfasilitasi dan memberikan bantuan pupuk agar kelak peningkatan hasil panen padi Desa Kanigoro dapat dijadikan percontohan.

Pada kesempatan ini pula, Bupati Malang memberikan bantuan kepada para petani di Desa Kanigoro berupa benih padi M70D, benih padi Ciherang, benih padi Inpari 42, serta bantuan Jaringan Irigasi Tersier (JIT) sepanjang 198 meter. (ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *