Connect with us

Pemerintahan

Bupati Situbondo Siapkan Rp 10 Milyar untuk Pupuk Petani

Diterbitkan

||

Memontum Situbondo – Pemerintah Daerah (Pemda) Situbondo menyiapkan dana Rp 10 Milyar untuk membantu petani. Dimana, Rp 5 Milyar dari anggaran tersebut digunakan untuk mensubsidi pupuk. Sementara sisanya, untuk membeli pupuk yang akan dibagikan secara cuma-cuma kepada petani tembakau.

Baca Juga:

Menurut Bupati Situbondo, Karna Suswandi, pihaknya berencana membeli pupuk non subsidi dengan harga Rp 500 ribu per kwintal. Kemudian akan dijual ke petani dengan harga Rp 225 ribu per kwintal.

“Upaya itu dilakukan agar harga pupuk di Situbondo bisa terjangkau. Sehingga, beban petani menjadi ringan,” ucapnya kepada memontum.com, Rabu (28/04).

Sementara, sumber anggaran untuk subsidi pupuk berasal dari APBD dengan jumlah Rp 5 Milyar. “Sedangkan, untuk sumber anggaran pupuk yang dibagikan secara cuma-cuma berasal dari dana bagi cukai hasil tembakau (DBHCHT). Nominalnya sama Rp 5 Milyar,” tambahnya

Mantan Kadis PUPR Lumajang ini berharap dengan bantuan subsidi maupun pemberian pupuk secara gratis, diharapkan mampu meningkatkan semangat petani dalam bercocok tanam. “Semoga bermanfaat dan meningkatkan hasil panen. Sehingga, kesejahteraan para petani di Situbondo juga meningkat,” harap Bupati. (her/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *