Connect with us

SEKITAR KITA

Pengurus KBIHU Hafas Situbondo masa Khidmat 2021-2023 Resmi Dilantik

Diterbitkan

||

Memontum Situbondo – Pelantikan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Hafas Situbondo berlangsung di Mushallah YPAQ Al Maimunah Tenggir, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, Minggu (02/05).

Pengurus KBIHU Situbondo yang dilantik oleh Ketua Pengurus Harian, Nyai Hj Djuwariyah Fawaid, dan dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Situbondo, Drs.H.Misbachul Munir M.Pd, selaku pelindung KBIHU Hafas Situbondo, dan disaksikan oleh Ketua Pembina KBIHU Hafas, Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, KHR Ach Azzaim Ibrahimy dan Anggota Pembina Dr.H.Abd Muqit Ismail M.Ag dan Nyai Hj Nur Sari As’adiyah M.Pd

Baca Juga:

Adapun susunan Dewan Pengurus Harian adalah Ketua Nyai Hj.Djuwariah Fawaid M.Pd.I, Wakil Ketua, Rini Junaidah Wasi’an, MH dan Sekretaris, Wedi Samsudi M.Pd.I, Wakil Sekretaris, Abdullah A.Md.Kom Bendahara, Siti Maimunah A.Md.Kom dan Wakil Bendahara, Miftahus Saodah.

Devisi Haji, Miftahul Alimin M.Pd.I dan Devisi Umroh, H Thoyyib S Pd.I. Devisi Promosi dan Publikasi, Ahmad Arifin, Devisi Humas, Umar Hasan M.Pd.I, dan Moh.Lutfi Jalil, sementara Devisi Paspor dikendalikan oleh Luluk Lutfiana.

Pelantikan KBIHU Hafas dengan melantik Kepengurusan Struktural (inti) sebanyak 17 orang dan Pengurus Fungsional sebanyak 19 orang.

Tujuan ingin berkhidmat pada tamu Allah dengan pelayanan paripurna dengan mengutamakan pelayanan kepada tamu-tamu Allah, yang dulu hanya berkiprah diibadah umroh, saat ini Alhamdulillah semenjak keluar ijin dari Kementerian Agama RI wilayah Jawa Timur, KBIHU Hafas menjadi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh Situbondo dengan Izin Operasional berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 811 Tahun 2020 tertanggal 30 Desember 2020 tentang Izin penyelenggaraan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji sebagai Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) dari Kanwil Kenenag Provinsi Jawa Timur Izin Operasional diberikan kepada KBIHU Hafas dengan nomor urut 96 Kabupaten Situbondo, untuk menyelenggarakan bimbingan dan pendampingan Jama’ah Haji dan dapat menyelenggarakan bimbingan Jama’ah Umroh sesuai peraturan perundang-undangan.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Situbondo, Misbackhul Munir menyampaikan ucapan terimakasih di Situbondo sekarang sudah ada satu lagi KBIHU, “tentu dengan semakin banyaknya KBIHU di Kabupaten Situbondo akan semakin banyak pilihan Umat Islam yang akan melaksanakan Ibadah Haji mencari pembimbing,” bebernya.

Jadi sifatnya KBIHU ini adalah pembimbing bagi calon Jamaah Haji khususnya ketika di tanah air dan kemudian ketika di tanah suci kita harapkan pengurus KBIHU itu menjadi ketua rombongan masing-masing, sehingga para jamaah ketika melaksanakan Ibadah Haji maka bisa dibimbing oleh ketua rombongan masing-masing yang dari unsur KBIHU itu,” Imbuhnya.

“Sementara KBIHU di Situbondo di wilayah timur itu ada KBIHU Ibrahimy, diwilayah barat ada KBIHU Ponpes Demung dan diwilayah tengah ada KBIHU Hafas, ” Ungkap Misbachul Munir.

Masih menurutnya, di masa pandemi Covid-19 ini, kita masih menunggu informasi dari Pemerintah Arab Saudi,  misalnya kita nanti ternyata diijinkan kita berangkatkan Jamaah Haji kita, kalau masih belum diijinkan kita belum memberangkatkan, berdasarkan data 2020 lalu, ada 625 Calon Jamaah Haji (CJH) yang sudah melakukan pelunasan, kedepannya di 2021 kita tunggu informasi lebih lanjut, ” terang Kepala Kemenag Situbondo.

Sementara Ketua Pengurus Harian KBIHU Hafas Nyai Hj Djuwariyah Fawaid M.Pd.I menjelaskan KBIHU Hafas baru perdana mengadakan pelantikan kepengurusan, sebenarnya sudah lama KBIHU ini sudah berjalan 9 tahun melayani pemberangkatan Jamaah Haji dan Umroh, Alhamdulillah hari ini disaksikan oleh Kepala Kemenag Situbondo adanya pelantikan secara resmi adanya KBIHU Hafas dengan seluruh kepengurusannya, ” ujar Nyai Hj Djuwariyah Fawaid.

Tidak hanya itu yang disampaikan oleh Ketua pengurus harian KBIHU Hafas,  Beliau mengucapkan rasa syukur karena KBIHU Hafas sudah memiliki legitimasi dan legalisasi dari Pemerintah bisa mengadakan atau melayani Jamaah Haji dan Umroh dengan melayani secara khidmat kepada tamu-tamu Allah dengan pelayanan paripurna,” bebernya.

Ditambahkannya sampai saat ini Jamaah kami yang menunggu karena adanya lockdown (tidak dibukanya haji dan umroh) saat ini Insyaallah sudah ada 600an jamaah yang siap dilayani oleh kami,”ungkapnya.

Dengan legitimasi ini harapan kami, bagaimana teman-teman dari pengurus, dari internal lebih semangat dan lebih kompak, berkhidmat kepada tamu-tamu Allah dan Rasulullah bagaimana tamu-tamu Allah tersebut menjadi haji atau umrohnya yang mabrur,” tambahnya.

Selain kegiatan pelantikan kepengurusan KBIHU Hafas yang bertepatan dengan Bulan Ramadan, KBIHU Hafas bekerjasama dengan PC Fatayat NU Situbondo dan Yayasan YPAQ Al Maimunah yang didukung oleh Bupati dan Wakil Bupati Situbondi, Bank Jatim Cabang Situbondo, Bank Syariah Indonesia, ASPEKINDO (Asosiasi Pengusaha dan Kontruksi Indonesia). Kepala Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Situbondo, DPC PPP Situbondo dan Fajar Emak Sholehah adakan berbagi berkah Ramadhan dikemas  berbuka bersama dan baksos pemberian sembako dan bingkisan kepada kaum dhuafa sebanyak 170 paket sembako diberikan kepada 170 penerima manfaat yang berasal dari Perwakilan penerima manfaat PAC Fatayat NU. (her/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *