Connect with us

Pemerintahan

Bupati Malang Resmikan Galeri UMKM/IKM Dewan Kerajinan Daerah Kabupaten Malang

Diterbitkan

||

Memontum Malang – Bupati Malang, HM Sanusi, beserta Hj Anis Zaidah, selaku Ketua Dewan Kerajinan Daerah Kabupaten Malang Meresmikan Galeri UMKM/IKM Dewan Kerajinan Daerah Kabupaten Malang, Senin (03/05) tadi.

Acara peresmian itu, juga dihadiri oleh Wakil Bupati Malang, H Didik Gatot Subroto, beserta Hj Hanik Dwi Martya Purwaningsih selaku Wakil Ketua Dewan Kerajinan Daerah Kabupaten Malang, Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat, beserta Hj Dra Hanik Andriani selaku Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Malang, Pimpinan Bank Jatim Cabang Kepanjen dan juga Jajaran Kepala OPD Kabupaten Malang.

Baca juga:

Mengawali peresmian, acara ditandai dengan peluncuran balon udara oleh Wakil Bupati Malang, H Didik Gatot Subroto, selanjutnya ditandai dengan pengguntingan pita oleh Hj Anis Zaidah, SE selaku Ketua Dewan Kerajinan Daerah sebagai tanda beroperasinya Galeri UMKM/IKM Dewan Kerajinan Daerah Kabupaten Malang.

Dengan wajah baru, terlebih dengan semangat baru untuk turut serta menguatkan laju perputaran perekonomian masyarakat Kabupaten Malang melalui peningkatan pemasaran Produk industri unggulan UMKM/IKM Kabupaten Malang.

Ketua Dewan Kerajinan Daerah, Hj Anis Zaidah SE, dalam sambutannya mengatakan bahwa ada beberapa produk hasil binaan pertanian holtikultura dan perkebunan dan Galeri UMKM ini dapat disebut Gentera Display produk UMKM/IKM.

“Pada pertengahan tahun 2020 Bupati memberikan tempat bagi UMKM / IKM di Kabupaten Malang untuk menampung hasil produksi UMKM dengan nama Galeri Dekranasda yang berada di lingkungan kantor bupati malang dengan harapan mampu mencerminkan seluruh potensi UMKM/IKM secara kerajinan baik itu batik, kayu, logam, pernak pernik dan kerajinan yang tidak bisa saya sebut satu persatu,” ucap Hj Anis Zaidah.

Setelah itu ada Penyerahan Voucher Belanja bagi ASN, Penyerahan voucher belanja oleh ketua FPUIKM Endang Tri Pujiastuti kepada Bupati Malang, HM Sanusi, dan Hj Anis Zaidah, SE dan kepada seluruh tamu undangan yang telah mendapatkan Voucher dipersilahkan untuk berbelanja di Galeri UMKM/IKM Dewan Kerajinan Derah Kabupaten Malang, tersedia beraneka ragam produk unggulan, baik berupa Aneka Produk Kerajinan, Aneka Produk Makanan Minuman, Aneka Sabun serta Produk Sembako Unggulan di Kabupaten Malang.

FKPU IKM selaku forum komunikasi IKM di Kabupaten Malang, juga telah bekerja sama dengan Bank Jatim, serta mendapatkan fasilitas QRIS. QRIS Adalah salah satu fasilitas untuk pendukung layanan non tunai, untuk alternatif pembayaran produk yg dibelanjakan di Galeri IKM. Pembayaran menggunakan QRIS ini salah satu upaya Bank Jatim untuk mendukung program pemerintah gerakan non tunai, dan memudahkan masyarakat untuk Melakukan transaksi di Masa pandemi.

Cara pembayarannya sangatlah mudah, cukup menggunakan mobile banking yang ada di Android , masuk ke menu pambayaran menggunakan barcode, kemudian pilih scan, dan tinggal memasukkan nominal pembayaran.

“Semoga dengan diresmikannya Galeri IKM ini dapat terus berpartisipasi aktif khususnya bagi Pelaku Usaha yang menjadi binaan untuk memasukkan produknya melalui Galeri sehingga UMKM dapat bangkit dan semakin banyak produk yang ditampilkan, semakin berkembang UMKM kita,” tambah Ketua Dekranasda.

Akhirnya sampailah pada susunan acara terakhir yakni pemotongan tumpeng oleh Bupati Malang kemudian diserahkan kepada Ketua Dekranasda. Tak lupa, kepada seluruh tamu undangan diperkenankan untuk menyantap buka bersama yang telah disajikan. (ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *