Connect with us

Hukum & Kriminal

Kapolres Pamekasan Pimpin Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021

Diterbitkan

||

Memontum Pamekasan – Kepolisian Resort Pamekasan, Madura, melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021, Rabu (05/05) tadi. Apel yang bertempat di Halaman Mapolres Pamekasan, dipimpin langsung oleh Kapolres Pamekasan, AKBP Apip Ginanjar.

Kapolres Pamekasan dalam pembacaan amanat Kapolri, mengatakan bahwa berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan Kamtibmas yang harus diantisipasi. Antara lain, ancaman terorisme dan radikalisme. Ancaman sabotase, penyalahgunaan Narkoba, pesta miras, aksi pengrusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar. Lalu, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan lonsor sebagai dampak dari musim penghujan.

Baca juga:

“Untuk itu, saya harapkan seluruh Kasatwil mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif. Serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi yang ada gangguan dengan berbagai potensi karakteristik kerawanan pada masing-masing daerah untuk menghadapi tugas mulia dalam rangka pengamanan idul fitri tahun 2021,” kata Kapolres.

Maka pada kesempatan apel gelar pasukan operasi terpusat (ketupat-2021) ini, tambahnya, ada beberapa hal yang perlu ditekankan. Antara lain, menyiapkan mental dan fisik saudara yang dilandasi oleh komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan.

“Melakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan peran fungsi intelijen dan bhabinkamtibmas. Meningkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas,” kata AKBP Apip Ginanjar.

Masih menurut Kapolres, kekuatan Polri pada pos – pos pengamanan dan pelayanan serta di titik – titik rawan kriminalitas, titik- titik kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. Utamakan, keselamatan anggota yang bertugas di lapangan dengan mencermati perkembangan situasi saat ini.

“Mewaspadai maraknya aksi tawuran antar warga, sweeping atau razia tempat hiburan oleh kelompok masyarakat. Mencegah terjadinya aksi balap liar, kebut-kebutan, pengendara motor yang tidak mematuhi aturan berlalu lintas. Dan, menggandeng tokoh agama dan stakeholder terkait lainnya untuk sosialisasikan secara masif agar masyarakat tidak melaksanakan takbir keliling,” papar AKBP Apip Ginanjar.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Apip Ginanjar, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi aktif dalam apel gelar pasukan. Seperti, perwakilan Perwira Polres Pamekasan, anggota gabungan Polres Pamekasan, anggota Sub Denpom V/4-3 TNI, anggota Satbrimob Kompi 3 Sub Detasemen A Pelopor, Satpol PP Kabupaten Pamekasan, Dishub Kabupaten Pamekasan, Dinkes Kabupaten Pamekasan, BPBD Kabupaten Pamekasan, Senkom dan Pramuka. (fid/adi/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *