Connect with us

Hukum & Kriminal

Antisipasi Pemudik, Polres Probolinggo Kota Lakukan Penyekatan di Sejumlah Titik Check Point

Diterbitkan

||

Memontum Probolinggo – Larangan mudik Lebaran 2021 mulai diberlakukan pada hari ini atau Kamis (06/05) sampai Senin (17/05) mendatang. Pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, pun menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 13 Tahun 2021 Tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19.

Dalam SE tersebut, masyarakat dilarang meninggalkan daerah domisili masing-masing, kecuali karena alasan mendesak, seperti keluarga sakit atau meninggal dunia. Hal itu berlaku untuk semua transportasi, baik udara, laut, maupun darat.

Baca juga:

Mengenai hal itu, Kapolres Probolinggo Kota, AKBP RM Jauhari, meminta agar masyarakat agar mentaati larangan untuk tidak melakukan mudik lebaran. Dengan alasan, kasus yang terjadi di negara lain, jangan sampai terulang atau terjadi di Kota Probolinggo.

“Penyekatan jelang lebaran akan dilakukan pada pintu masuk dan Excit Tol Muneng dan juga Tongas. Tak luput pula pelabuhan juga akan kami lakukan penyekatan, hal ini sebagai langkah antisipasi memutus penyebaran Covid-19. Sebab menurutnya, adanya tradisi Toron (mudik lebaran) terjadi bagi warga Pulai Gili yang akan berbelanja Ke Kota Probolinggo,” jelas Kapolres, Kamis (06/05).

Kasatlantas Polres Probolinggo Kota, AKP Roni Faslah, menambahkan bahwa kurang lebih 365 personil akan diterjunkan untuk penyekatan tersebut. Penyekatan akan efektif dilakukan pada 06 hingga 17 Mei 2021 mendatang.

Roni menyebut, akan meminta putar balik pengendara yang nekat melakukan mudik tanggal 06 hingga 17 Mei. Bahkan, pihaknya akan melakukan razia seluruh pengendara termasuk kendaraan besar.

“Untuk kendaraan logistik, ambulans dan yang berhubungan dengan kebutuhan publik akan tetap bisa jalan, namun untuk kendaraan pribadi atau angkutan penumpang harus putar balik,” imbuhnya. (geo/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *