Connect with us

Pemerintahan

Bupati bersama Wakil Bupati Malang Mendampingi Wakil Ketua MPR RI ke Wilayah Terdampak Bencana

Diterbitkan

||

Bupati bersama Wakil Bupati Malang Mendampingi Wakil Ketua MPR RI ke Wilayah Terdampak Bencana

Memontum Malang – Bupati Malang, HM Sanusi, bersama Wakil Bupati Malang, H Didik Gatot Subroto, menerima kunjungan Wakil Ketua MPR RI, Dr Ahmad Basarah, menuju wilayah terdampak bencana gempa bumi di beberapa desa di Kecamatan Ampelgading, Sabtu (08/05) tadi.

Turut hadir dalam pelaksanaan itu, Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur, Kusnadi, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi, Ketua Fraksi DPRD Provinsi Jawa Timur, Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Dandim 0818 beserta Kapolres dan Jajaran Forkopimda Kabupaten Malang.

Baca juga:

Kehadiran Wakil Ketua MPR RI ini, juga sekaligus melengkapi kehadiran Presiden Republik Indonesia bersama para Menteri, yang beberapa waktu lalu mengunjungi Kabupaten Malang guna meninjau lokasi Gempa Bumi.

“Ini menunjukkan bahwa para pemimpin pusat maupun daerah, tidak akan pernah membiarkan rakyatnya menderita akibat bencana alam. Kehadiran saya di sini, selain menjalin silahturahmi juga ikut membantu meringankan beban bapak ibu sekalian,” tutur Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah.

Selain meninjau lokasi terdampak, Wakil Ketua MPR RI juga menyalurkan bantuan berupa Sembako, Selimut dan Sajadah untuk masyarakat secara langsung.

Hal tersebut, pun menimbulkan rasa empati untuk menyalurkan bantuan kepada korban bencana alam gempa bumi di Kabupaten Malang. Khususnya, seperti di Desa Sidorenggo dengan tujuan agar masyarakat yang mengalami becana tersebut dapat terbantu kebutuhan pokok sehari-hari pada masa sulit sekarang ini.

Dengan begitu, semua masyarakat yang mengalami bencana di beberapa wilayah, dapat menerima bantuan secara menyeluruh. Sehingga, bantuan dapat tersalurkan dengan baik dan Bantuan Sosial (Bansos) yang diserahkan sampai kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Mudah-mudahan dengan silahturahmi ini, kami semua yang hadir di sini dapat membesarkan hati para bapak ibu sekalian. Terutama, di 10 hari terakhir di bulan suci ini. Semoga semua bencana alam yang terjadi di lingkungan kita itu adalah ujian dan cobaan dari Allah. senoga kita semua bisa lebih meningkatkan iman dan taqwa kita terhadap Allah SWT,” harap Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah.

Bupati Malang, HM Sanusi, dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa saat bencana alam seperti ini, perlu sinergisitas lintas sektor. Tujuannya, agar penanganan bencana alam dapat optimal.

“Sehingga, hubungan antara masyarakat dengan pemerintah bisa tetap terjalin. Alhamdullilah, di Kabupaten Malang ini setiap ada kejadian selalu tanggap dan responsif. Mengingat, program Bupati dan Wabup adalah responsif dan mengusung program Malang Makmur,” ujar Bupati Malang dalam sambutannya.

Kecamatan Ampelgading sendiri, menjadi kawasan paling parah terdampak gempa bumi. Data terakhir menyebut, sebanyak 1.285 rumah di kecamatan tersebut rusak akibat gempa bumi Magnitudo 6,1 di Malang, Minggu (11/04) sekitar pukul 14.00 WIB.

Pada akhir sambutanya, Bupati Malang berharap supaya Kabupaten Malang terhindar dari bencana alam. “Saya berharap mudah mudahan kedepannya Kabupaten Malang dijauhkan dari segala bencana,” tuturnya.

Pada akhir kunjungan Wakil Ketua MPR RI beserta rombongan, meninjau beberapa desa yang ada di Kecamatan Ampelgading. Setelah Desa Sidorenggo, kemudian menuju Desa Tirtomoyo, untuk meninjau lokasi terdampak.

Tidak lupa juga untuk memberikan santunan berupa uang dan kemudian dilanjutkan menuju Desa Wirotaman dan Sonowangi guna meninjau Masjid dan Gereja yang rusak akibat gempa bumi. (hms/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *