Connect with us

Kota Batu

Dinas Infokom Kota Batu Berikan Fasilitas Internet Gratis Bagi Masyarakat

Diterbitkan

||

Memontum Kota BatuPemkot Batu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batu menargetkan adanya fasilitas internet gratis pada bulan Juni mendatang. Setidaknya ada lima tempat di Kota Batu sudah tersambung internet gratis. Lima tempat itu diantaranya adalah rest area Sidomulyo, Taman Kenanga, Balai Desa Temas, Hutan Kota Bondas, dan Alun-alun Batu.

Kelapa Diskominfo Kota Batu, Ony Ardianto, mengatakan bahwasanya saat ini pihaknya tengah membangun jaringan fiber optik ke lima lokasi tersebut. Pembangunan fiber optik itu berfungsi untuk menyambungkan jaringan internet dari Balai Kota Among Tani ke sejumlah lokasi tersebut.

Baca Juga:

“Pusat jaringan internet ada di Balai Kota. Nantinya akan ditempel akses poin di lokasi tersebut. Untuk akses internet gratis bagi masyarakat,” jelas Ony kepada media, Jumat (07/05).

Dia menjelaskan, untuk saat ini progres pemasangan kabel internet yang ditarik langsung dari Balai Kota itu tengah berjalan. Dari lima lokasi itu, pihaknya memperkirakan bentangan kabel mencapai 10 Kilometer. Dengan menggunakan kabel darat.

“Nanti pada setiap akses poin kecepatan internetnya bisa mencapai 10 Mbps. Dengan jumlah user masih terbatas sekitar 50 orang saja,” ujar Ony.

Meski begitu, pihkanya menjanjikan, untuk kedepannya kecepatan internet dan jumlah user akan ditambah. Bahkan untuk jumlah user akan diupgrade hingga 200 orang. “Untuk merealisasikan program tersebut, kami menganggarkan sekitar Rp 100 juta,” ungkap Ony.

Disisi lain, meski jaringan internet itu diberikan secara cuma-cuma untuk masyarakat. Nantinya masyarakat yang berkeinginan memanfaatkan jaringan internet tersebut bisa masuk melalui akun Facebook masing-masing. Hal itu bertujuan untuk verivikasi dan survey.

Lebih lanjut, untuk kedepannya tak hanya di lokasi itu saja yang akan disalurkan internet gratis. Dia membeberkan, dalam waktu dekat ini sambungan internet gratis juga akan tersambung ke Kelurahan Ngaglik dan Songgokerto.

Sementara itu, untuk Bandwidth yang ada di Balai Kota Among Tani Kota Batu saat ini sudah mencapai 500 Mbps dengan menggunakan provider Lintasarta. Menurut Ony, kebutuhan internet itu sudah sesuai dengan kebutuhan pada setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Terlebih saat ini kebutuhan internet menjadi sangat dibutuhkan. Lantaran pandemi Covid-19 masih juga belum usai. “Kebutuhan internet di setiap SKPD itu contohnya seperti melakukan zoom meeting. Dimana saat masa pandemi seperti ini sangat sering dilakukan,” urai Ony. (bir/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *