Connect with us

SEKITAR KITA

Agro Solution Harapan Besar Kadin Kota Batu Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Diterbitkan

||

Memontum Kota Batu – Kamar Dagang dan Industri ( Kadin) Kota Batu, membuat terobosan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Petrokimia Gresik untuk program kerja sama Agro Solution, Senin (10/05) tadi. Pelaksanaan itu, dilakukan saat bersamaan dengan peresmian Pasar Wisata Roh Joyo di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Ketua Kadin Kota Batu, H Endro Wahyu, menjelaskan bahwa perihal kerja sama ini merupakan wujud kepedulian Kadin, terhadap keberadaan petani Kota Batu, yang semakin menurun. Itu karena, minat para pemuda untuk bertani tidak ada atau cenderung kurang dengan berbagai alasan.

Baca juga:

Selain itu, Endro mengaku juga sering mendapatkan keluhan dari para petani, tentang kenaikan serta kelangkaan pupuk. Meskipun, ada program pupuk bersubsidi dari pemerintah.

“Kadin berkeinginan bisa menjembatani kepentingan petani agar tidak kesulitan dalam ketersediaan pupuk dan bisa memberikan harga yang terjangkau. Semoga, Agro Solution bisa mendorong petani berkorporasi dan meningkatkan daya saing dan menjadikan pertanian di Kota Batu, semakin maju,” jelas Endro.

Ditambahkan, Agro Solution diharapkan akan menjadi contoh kegiatan yang sesuai dengan visi misi Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko dan Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso. Yakni, untuk mewujudkan Desa Berdaya Kota Berjaya, yang dijalankan melalui sektor pertanian.

Rencananya, tambahnya, pilot project bertempat di Desa Bumiaji, yang memiliki potensi tanaman sayur mayur dan buah jeruk. Keinginannya, model ini bisa diterima masyarakat serta bisa diterapkan petani di seluruh Kota Batu.

“Keyakinan saya model ini akan sukses, nanti Kadin akan menjembatani tiap-tiap desa menerapkan Agro Solution untuk memudahkan petani mulai hulu hingga hilir sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan mereka,” paparnya.

Project Manager Agro PT Petrokimia Gresik, Andri Puji Handoyo, menerangkan program tersebut memiliki banyak peranan. Misalnya, memberikan pendampingan lengkap dari hulu hingga hilir di sektor pertanian. Baik melalui kegiatan off farm, maupun on farm. Program ini akan menjadi solusi atas permasalahan yang selama ini dihadapi petani.

“Dalam kegiatan off farm Agro Solution, kami juga memberikan akses permodalan kepada petani, bimbingan teknis, akses terhadap asuransi dan memberikan jaminan off-taker hasil panen mereka,” tegas Andri kepada media.

Sedangkan on farm, pihaknya akan menyediakan produk agro-input berkualitas, baik itu pupuk, benih, pestisida dan lainnya. Tak hanya itu model ini nanti juga sebagai wadah memberikan kawalan teknologi dan bimbingan teknis para petani.

Dengan demikian, Agro Solution bertujuan untuk mendongkrak produktivitas pertanian, serta meningkatkan kesejahteraan dan daya beli petani sehingga tidak lagi bergantung pada pupuk subsidi.

“Keberhasilan program Agro Solution sangat bergantung pada multi-stakeholder yang terlibat. Salah satu stakeholder kunci adalah off-taker atau pihak yang menjamin bahwa hasil panen petani dapat dibeli dengan harga yang baik dan dipasarkan dengan harga kompetitif pula,” urainya.

Rencananya, nanti juga akan ada demplot percontohan bekerjasama dengan pihak Pemdes Bumiaji, sebagai penyedia lahan. Di sana petani bakal mendapatkan banyak pengetahuan dari para ahli yang nantinya bisa diterapkan di pertanian mereka.

“Semoga bisa berjalan lancar, semua ini demi kepentingan masyarakat, petani, dan kesejahteraan semuanya,” paparnya.

Kepala Desa Bumiaji, Edy Suyanto, menyambut baik kerja sama ini. Untuk tahap awal, akan diimplementasikan di Tanah Kas Desa (TKD). Kerjasama ini merupakan kerja keras dan wujud kepedulian Kadin kepada para petani melalui desa.

“Agro Solution adalah salah satu bentuk tanggung jawab kami turut membantu meningkatkan produksi pertanian dan menjamin kesejahteraan, khususnya para petani,” paparnya. (bir/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *