Connect with us

Pemerintahan

Pastikan Malam Takbir Aman, Wali Kota bersama Forkopimda Lakukan Patroli

Diterbitkan

||

Memontum Probolinggo – Rombongan Forkopimda yang terdiri dari Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Raden Muhammad Mas Jauhari, S.H., S.I.K., M.Si., Wakapolres Probolinggo Kota beserta Jajaran PJU Polres Probolinggo Kota, Dandim 0820/Probolinggo, Letkol Inf Imam Wibowo, S.I.P., M.I.Pol dan sejumlah Kepala OPD terkait, berangkat bersama-sama dari Rumah Dinas Wali Kota bergerak menuju Pos Pengamanan (Pospam) Lebaran, tepatnya di pertigaan Jalan Dr Sutomo dan tempat keramaian, Rabu (12/05) malam. Dalam kesempatan tersebut, Forkopimda juga menyempat diri untuk berbincang dengan sejumlah petugas pos pengamanan yang merupakan personel gabungan dari unsur Polri, TNI, Satpol PP, Dinkes dan Dishub dibantu Pramuka dan Mitra Kamtibmas, terkait dengan situasi keamanan terkini diseputaran Pos Pengamanan.

Pada Malam takbiran tersebut, Forkopimda selain menyapa petugas Pospam, juga mengecek sarana prasaran pendukung lain. Termasuk, melakukan patroli keliling guna memastikan bahwa pada malam takbiran, semua berjalan aman dan kondusif.

Baca Juga:

Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Raden Muhammad Jauhari, dalam kesempatan itu mengatakan bahwa untuk mengamankan malam takbir, pihaknya menerjunkan sedikitnya 365 personel. Jumlah itu, belum termasuk dukungan personel dari Kodim 0820/Probolinggo, Satpol PP, Dishub maupun Dinkes dan mitra Kamtibmas lainnya.

Selain itu, pihaknya juga menyiagakan kompi on call yang stanby di Mapolres dan bisa digerakkan sewaktu-waktu jika terjadi suatu hal. “Penyekatan di banyak lokasi tetap kita laksanakan. Kemudian, intensitas patroli juga ditingkatkan. Termasuk, penebalan personel di beberapa lokasi keramaian dan antisipasi takbir keliling maupun kegiatan lain yang berpotensi kerumunan. Mengingat saat ini masih masa pandemi dan ini masih belum berakhir,” ungkapnya.

Intinya, tambah Kapolres Probolinggo Kota, kita ingin memastikan bahwa malam takbir ini berlangsung aman dan lancar.

Sementara itu, Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi, menjelaskan bahwa pihaknya memberikan apresiasi dan motivasi kepada para petugas Pospam. Karena, di saat masyarakat lainnya bersuka cita merayakan malam takbir dan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga di rumah, para petugas ini harus menunaikan tugasnya memberikan rasa aman dan menjaga kondusifitas wilayah.

“Kita tetap mengedukasi masyarakat pentingnya Prokes. Tetap semangat. Insyaallah, bernilai ibadah,” ujarnya.

Habib Hadi menambahkan, kita berharap jangan sampai daerah kita yang masih tergolong aman ini, mencoreng karena disebabkan ketidakdisiplinan masyarakat terhadap instruksi pemerintah.

“Selain patroli untuk ketertiban masyarakat, hal ini sekaligus untuk mengedukasi masyarakat tentang disiplin Prokes dengan menjalankan 5 M sesuai SOP yang telah dikenal dengan cara menjaga jarak, menjauhi kerumunan sebagai upaya cegah Virus Corona ini,” jelasnya. (geo/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *