Connect with us

Berita Nasional

Dirjen Hubla Kemenhub RI Pantau Arus Balik di Pelabuhan Jangkar Situbondo

Diterbitkan

||

Memontum Situbondo – Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Ditjen Hubla Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, Ahmad memantau langsung kapal ferry yang mengangkut 37 penumpang dari pelabuhan penyeberangan, Jangkar, Kabupaten Situbondo menuju ke Pelabuhan Raas Sumenep.

“Kapal Ferry yang biasa dinaiki 200 penumpang, namun sekarang hanya membawa sebanyak 37 penumpang yang dilengkapi dengan persyaratan protokol kesehatan Covid-19,”ujar Ahmad, Minggu (16/05).

Baca Juga:

Menurut dia, kegiatan ini merupakan perintah langsung Menteri Perhubungan (Menhub) RI, dengan tujuan untuk mengendalikan arus balik sekaligus mengingatkan kepada nakhoda untuk selalu meng-update kondisi cuaca.

“Apabila terjadi sesuatu di laut, saya sarankan nakhoda segera menghubungi syahbandar, dan selalu berkoordinasi dengan stakeholder yang ada,” kata Ahmad.

Ahmad menegaskan, menjelang arus balik lebaran 2021, pihaknya sering melakukan koordinasi dengan pihak terkait, mengingat pelabuhan penyeberangan Jangkar akan dipadati para penumpang, terutama ribuan warga dari sejumlah kepulauan yang akan kembali bekerja ke Bali, dan ribuan santri yang juga akan kembali ke pondoknya.

“Kondisi kepulangan ribuan santri ke pondok pesantren dan para pekerja ke Pulau Dewata Bali itu, merupakan ciri khas dari Pelabuhan Jangkar. Untuk itu, kita terus melakukan komunikasi dengan ulama, Satgas Covid-19. Hal ini penting untuk mengantisipasi risiko pandemi Covid-19,” jelas Ahmad.

Ahmad mengatakan, jika nanti ada lonjakan penumpang pasca larangan mudik, pihaknya akan mendatangkan kapal ferry lain untuk membantu mengangkut penumpang tersebut.

“Selain itu, kita juga akan menurunkan kapal negara, kapal navigasi dan kapal patroli,” pungkasnya.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Panarukan, Andy Amran, mengatakan pihaknya juga secara gencar memantau kondisi lapangan di Pelabuhan Jangkar ini.

“Sejauh ini, larangan mudik di Pelabuhan Jangkar terkendali dengan baik,” jelas Andy Amran. (her/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *