Connect with us

SEKITAR KITA

Penumpang di Terminal Arjosari Kota Malang Mengalami Lonjakan

Diterbitkan

||

Memontum Kota Malang – Periode peniadaan mudik 6 hingga 17 Mei 2021 yang telah berakhir, ternyata berdampak terhadap jumlah penumpang bus di Terminal Arjosari. Hingga Selasa (18/05) tadi, terjadi kenaikan jumlah penumpang sudah hampir mencapai 80 persen. Kesemuanya, berasal dari semua jurusan bus yang beroperasi.

Kepala UPT Terminal Arjosari, Hadi Supeno, mengatakan bahwa mulai pukul 00.00 WIB hingga siang hari sudah ada sekitar ratusan penumpang.

Baca juga:

“Bus yang masuk atau yang berangkat dari terminal sekitar 255 dan untuk penumpang sejumlah 875 mulai jam 00.00 WIB sampai jam 12.00 WIB tadi. Jumlah tersebut berasal dari bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP),” ungkapnya.

Pihaknya menjelaskan, jumlah bus yang beroperasi tersebut dihitung akumulasi satu hari dari dini hari hingga siang hari.

“255 itu bukan jumlah busnya tapi jumlah bus yang berangkat dari terminal, istilahnya rate,” ungkapnya.

Keberangkatan bus AKAP dari Terminal Arjosari sendiri sekitar tujuh armada bus. Sementara untuk yang AKDP masih didominasi ke arah Surabaya.

“Keberangkatan AKAP paling banyak jurusan ke Jakarta, untuk AKDP paling banyak Surabaya dan sekitarnya,” jelas Hadi Supeno.

Senada dengan hal itu, Operator Petugas di Terminal Arjosari, Alfen DS, berujar bahwa kenaikan penumpang AKDP mulai terjadi pada h+1 lebaran, yaitu sebesar 68.4 persen. Namun h+2 mengalami penurunan sejumlah 39.1 persen. Kemudian pada h+3 lebaran hingga hari ini, terus mengalami kenaikan.

“Hari ini kenaikan sekitar 88.5 persen untuk bus AKDP. Sementara untuk AKAP sempat alami kenaikan 50 persen saat h+2 lebaran. Berlanjut hingga hari ini mengalami lonjakan penumpang sebesar 67.9 persen dari sebelumnya. Penumpang yang menggunakan AKAP rata-rata tujuan ke Jakarta,” urai Operator Petugas di Terminal Arjosari, Alfen DS. (mus/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *