Connect with us

Kota Malang

Even Wisata Kampung Tematik, Sungkeman Riyayan di Kampung Biru Arema

Diterbitkan

||

Memontum Kota Malang – Sungkem Riyayan adalah salah satu tradisi umat Islam di Jawa yang dilaksanakan pada bulan Syawal saat lebaran. Kali ini, Sungkeman Riyayan yang diselenggarakan oleh Kampung Biru Arema (KBA) menjadi salah satu even wisata kampung tematik diselenggarakan Selasa (25/05).

“Sungkeman Riyayan sebagai makna simbolis kepada warga di Kampung Biru Arema untuk mengobati rasa rindu kangen bagi yang tidak bisa mudik. Sekaligus bisa menjadi tontonan dan tuntunan wisatawan yang berkunjung ke Kampung Biru Arema,” terang Ketua Pokdarwis KBA, Imawan Yutanto.

Baca Juga:

Selain itu, halal bi halal yang sering diselenggarakan oleh pihak Kelurahan Kidul Dalem maupun Rt dan Rw, dilebur menjadi satu di KBA.

“Biasanya Kelurahan, Rt, dan Rw sering mengadakan halal bi halal sendiri-sendiri. Kali ini disatukan saja melalui Sungkeman Riyayan di KBA,” tambahnya.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Fitria Noverita, yang turut hadir, memberikan apresiasinya.

“Ternyata gelaran even Sungkeman Riyayan di KBA bisa dikemas lebih fleksibel di tempat terbuka, menghindari kerumunan masa, menerapkan prokes, dan berlangsung tidak lama. Bagaimanapun juga acara di KBA ini masuk dalam kalender event wisata Kota Malang,” ujar Fitria Nampak suasana lebaran masih terasa di KBA karena hampir di setiap sudut di temukan hiasan ketupat yang di gantung setiap sudut, gang, jalan serta rumah warga. (mus/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *