Connect with us

Jember

DPU BMSDA Jember Uji Coba Kualitas Aspal Jalan

Diterbitkan

||

Memontum Jember – Sejak beberapa hari ini, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Sumber Daya Air (DPU BMSDA) Kabupaten Jember, telah melakukan trial atau uji coba kualitas aspal jalan. Salah satu lokasi yang dijadikan titik uji coba, adalah di Jalan Udang Windu, Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, Jember.

Ada dua perusahaan Aspal Mixing Plan (AMP) yang melakukan uji pengamparan aspal hotmix, Senin (31/05) tadi. Kedua perusahaan itu, yakni PT Bumi Praja Mitra Abadi (BPMA) dan PT Mulya Rizka Sakti (MRS).

Baca juga:

Pada uji coba tersebut, kedua perusahaan itu diwajibkan menyediakan dua jenis aspal yang diuji coba yakni ACBC dan ACWC. Masing-masing jenisnya, sebanyak 25 ton untuk diamparkan di jalan.

Plt Kadis Pekerjaan Umum Bina Marga Sumber Daya Air (PU BMSDA), Rahman Anda, menyebutkan saat ini ada 12 perusahaan AMP yang akan melakukan trial.

Kedua belas perusahaan tersebut 5 perusahaan lokal, 7 perusahaan dari luar Jember. ”Ada 12 perusahaan, 5 perusahaan dari Jember 7 dari luar Jamber,” jelas Rahman Anda.

Ada 4 titik lokasi uji coba. Trial pertama dilakukan hari Minggu (30/05) kemarin, hari kedua di Jalan Udang Windu, titik ketiga di Jalan Teratai dan di Jalan Pajajaran.

Lebih lanjut, Rahman Anda menjelaskan trial ini dilakukan untuk mengetahui kualitas aspal dari masing-masing perusahaan AMP. ”Ini tahap awal untuk mengetahui kualitas AMP, secara teknis masuk di dalam spesifikasi kriteria teknis apa yang akan kita persiapkan pengaspalan,” katanya.

DPU BMSDA akan melakukan pengujian secara menyeluruh. Namun demikian pihak AMP juga diperbolehkan untuk melakukan pengujian di laboratorium independen.

”Kita akan melakukan uji kadar aspal, kepadatan, gradasi, uji ketebalan. Masing-masing AMP diminta untuk melakukan uji itu di laboratorium independen seperti di (Universitas) Petra, ITS, Unej, ITN mereka (boleh) milih sendiri,” ujar Rahman Anda.

Ketua Komisi C DPRD Jember, David Handoko Seto, yang datang di lokasi mengatakan trial ini menunjukan upaya pemerintahan Bupati Hendy dan Wabup Gus Firjaun memenuhi janji selama masa kampanye.

”Meskipun ini trial masyarakat Jember boleh senang hati bahwa dari hari ini sampai pengaspalan 1.080 Km pengaspalan jalan akan dilakukan. Ini bentuk komitmen bupati dan wakil bupati merealisasikan janji kerjanya,” tambah Ketua Komisi C DPRD Jember, David Handoko Seto.

Trial ini merupakan titik awal proses perbaikan infrastruktur. Sebagai wakil rakyat, David akan tetap melakukan fungsinya untuk mengawasi proses pembangunan infrastruktur yang menggunakan dua skema, tahun tunggal dan tahun jamak. (rio/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *