Connect with us

SEKITAR KITA

Buntut Ancaman Blokir Jalan, Dinas PU Bina Marga Sumenep Datangkan Material

Diterbitkan

||

Memontum Sumenep – Usai diprotes keras oleh aktivis Majelis Pemuda Revolusi (MPR) Madura Raya, membuat Dinas PU Bina Marga Sumenep sigap merespon aspirasi kalangan pemuda dan keluhan masyarakat setempat. Buktinya, sehari jelang rencana pemblokiran jalan raya Guluk-Guluk dan Ketawang Laok, bahan material pun didatangkan ke lokasi jalan yang rusak.

Aktivis MPR Pemuda Raya, Noval, menyikapi respon cepat dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep dengan leading sektor Dinas PU Bina Marga Sumenep. Dengan mendatangkan bahan-bahan material, praktis rencana blokir jalan gagal. Padahal sebelumnya pihaknya sudah layangkan surat dan ada kesepakatan dengan Forkopimcam setempat.

Baca Juga:

“Ini terkesan Dinas PU Bina Marga kelabakan. Indikasinya sehari sebelumnya ancaman pemblokiran jalan dilayangkan, besoknya langsung bahan-bahan material untuk perbaikan infrastruktur jalan rusak dikirim ke lokasi. Padahal, jalan itu rusak sudah bertahun-tahun,” ujar Noval.

Noval mengatakan jika pemerintah tetap tidak bergerak untuk melakukan perbaikan jalan, pihaknya tidak segan-segan dalam melakukan pemblokiran. “Kami tidak suka hanya main gertak sambal. Jika pemerintah tetap diam, kami yang akan bergerak,” ujarnya.

Menurut Noval, jalan itu sudah sangat tidak layak untuk digunakan. Pasalnya, jalan tersebut sudah sangat parah dan banyak memakan korban. “Kerusakan ini bukan hanya satu atau dua bulan Lo mas, ini sudah bertahun-tahun. Terus bagaimana nasib pengendara, sudah sering disini memakan korban,” ujarnya.

Noval berharap agar pihak berwenang untuk selalu sigap dalam menangani keluhan dari masyarakat. Tidak hanya di jalan tersebut, pemerintah diminta harus perhatikan jalan yang lain. “Tidak hanya disini saja. Dimanapun jalan yang terdapat kerusakan, maka pihak berwenang harus sigap dalam melangkah. Jika tidak, kenyamanan masyarakat Sumenep ini akan terganggu. Tapi untuk kali ini, saya apresiasi langkah Dinas PU Bina Marga,” tegas Noval.

Saat dihubungi terkait kedatangan bahan-bahan material, belum direspon oleh Kadis PU Bina Marga. Namun sebagaimana dilansir sebelumnya, Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Kabupaten Sumenep, Eri Susanto, saat dihubungi lewat akun WhatsApp-nya mengatakan, perbaikan ruas jalan di Kecamatan Guluk-Gukuk tersebut akan dilaksanakan dalam waktu dekat, sebab tender baru selesai.

“Untuk ruas jalan Ketawang – Guluk-guluk tersebut sudah dianggarkan pada tahun ini. Pengerjaan proyek jalan tersebut bakal segera dilaksanakan karena tender proyek jalan itu ada pemenangnya. Insyaallah dalam waktu dekat ini sudah dilaksanakan pekerjaan perbaikan jalan tersebut,” ucap Kadis PU Bina Marga itu.

Ketika ditanyakan lebih lanjut, bulan apa pekerjaan itu akan dimulai, ia tidak menjawab secara pasti. Sebab untuk pekerjaan seperti ini, jika menggunakan dana APBD membutuhkan waktu yang panjang dan tak bisa terburu-buru.

Menurut mantan Kadis PU SDA ini, untuk kegiatan seperti itu, apabila menggunakan dana APBD, ada tahapan penganggaran dan beberapa proses yang harus dilalui. Sehingga butuh waktu.

“Sedangkan untuk pekerjaan yang itu sudah memasuki tahap penandatanganan kontrak. Sehingga disusun administrasi yang berhubungan dengan tahapan tersebut. Kalau sudah selesai baru dilaksanakan. Insya Allah tidak lama kok,” janjinya. (dan/edo/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *