Connect with us

Kota Batu

Wali Kota Batu Lantik Empat Kepala Dinas yang Kosong

Diterbitkan

||

Memontum Kota Batu – Posisi Kepala Dinas di lingkungan Pemerintah Kota Batu yang selama ini kosong telah terisi secara definitif. Hal itu setelah Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko, melantik empat posisi kepala OPD serta puluhan pejabat yang lain. Pelantikan yang tampak di hadiri Wakil Wali Kota, Punjul Santoso, dan Sekretaris Daerah, Zadim Efisiensi, itu di gelar di gedung Graha Pancasila Balai Kota Among Tani Jalan Panglima Sudirman Nomor 507 Kota Batu, Jumat (04/06).

Pejabat yang menduduki Kepala Dinas diantaranya, Onny Ardianto, dari Sekretaris menjadi Kepala Diskominfo, Santi Restuningsasi dari Kabag Perekonomian Dan Sumber Daya Alam menjadi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dyah Lies Tina Purwaty dari Kabag Pemerintahan menjabat Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Bangun Yulianto dari Sekretaris menjadi Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman. Selanjutnya Achmad Dahlan dari Kabag Protokol menjadi Kabag Umum, Zulkarnain dari Kepala Bidang Data, Formasi Dan Jabatan BKPSDM menjabat sekretaris, Dian Fachroni Kurniawan dari Kabid Bina Marga DPUPR menjadi Sekretaris.

Baca Juga:

Wali Kota dalam amanat pelantikan menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh pejabat yang dilantik, dan berpesan agar kiranya menjadi ASN yang baik dan patuh dalam menjalankan perintah atasan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Pekerjaan apapun yang bisa menilai adalah orang lain. Sehingga harus menjadi manfaat bagi orang lain. Menjadi ASN ada aturan, ada etika, ada hukum yang berlaku, yang harus dilalui seorang ASN, dan keniscayaan untuk tidak bisa dikesampingkan, saya berpesan ketika pimpinan memerintahkan sesuatu langsung laksanakan sesuai dengan prosedur dan ketentuan,” ucap Dewanti dalam amanatnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kota Batu, Siswanto menerangkan, setelah dilakukannnya prosesi pelantikan ini masih ada dua jabatan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang kosong yakni Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (DPKP) serta Kepala Inspektorat. Selain itu juga ada Asisten 3 dan Staf Ahli.

“Untuk Kepala DPKP kami akan melakukan open bidding. Namun untuk waktunya masih menunggu rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Misalkan rekomendasi itu turun tiga hari lagi, kami akan melakukan open bidding saat itu juga,” ujarnya.

Sementara itu, untuk sistem rekrutmen Kepala Inspektorat pihaknya masih akan menunggu rekomendasi dari Wali Kota. Dengan melakukan rekrutmen menggunakan sistem open bidding atau menggunakan sistem pergeseran.

“Kami masih menunggu rekomendasi dari Bu Wali. Kalau melalui pergeseran prosesnya akan lebih cepat. Karena peserta langsung melakukan uji kompetensi, dilihat hasilnya, dipilih yang terbaik, lalu pelantikan,” ujarnya.

Sedangkan untuk rekrutmen Asisten 3 secara otomatis akan dilakukan dengan sistem pergeseran. Dengan mencari Kepala Dinas senior dan dirasa mumpuni untuk menempati jabatan tersebut. Disisi lain, dia juga mengungkapkan pada tahun 2021 ini akan ada 95 ASN yang pensiun. Sedangkan pada tahun 2022 mendatang ada 110 ASN Pemkot Batu yang pensiun. (bir/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *