Connect with us

KREATIF MASYARAKAT

Kades Purwosono, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang bersama Masyarakat Ubah Sungai jadi Destinasi Wisata

Diterbitkan

||

Memontum Lumajang – Berangkat dari keprihatinan melihat kondisi sungai di wilayahnya yang tidak terawat dan hanya dipergunakan untuk tempat pembuangan sampah. Kades Purwosono, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang mengubah sungai di Dusun Darungan, Desa Purwosono, menjadi tempat destinasi wisata yang bernama ‘Kali Sejuk’.

Kondisi sungai yang dulunya dipenuhi sampah dan hanya dipakai oleh masyarakat sekitar untuk membuang hajat. Kini terlihat bersih serta asri bahkan beberapa fasilitas penunjang telah dibangun untuk mempercantik area sungai.

Baca Juga:

Beberapa masyarakat sekitar pun mendirikan tempat usaha dipinggiran sungai berupa warung yang menjual aneka makanan dan minuman. Sehingga sungai tersebut kini banyak dikunjungi para wisatawan.

“Sebelumnya kondisi sungai ini kotor dan hanya dijadikan tempat buang hajat oleh masyarakat, saya berfikir jika sungai ini dibersihkan. Bisa jadi tempat yang nyaman. Akhirnya saya mengajak masyarakat untuk melakukan kerja bakti bersama membersihkan ranting-ranting serta sampah yang ada di sungai,” terang Hendrik.

Dijelaskan, setelah area sungai dibersihkan dan beberapa tempat nongkrong warga sekitar di bangun ternyata antusias warga banyak yang datang. Sehingga pihaknya semakin mempercantik area sunga dengan melakukan penataan.

“Alhamdulillah setelah kita lakukan beberapa penataan sekarang ini banyak yang datang dan masyarakat sekitar juga ada beberapa yang mendirikan warung, sehingga tempat ini menjadi destinasi wisata baru di Lumajang. Kita namai destinasi wisata Kali Sejuk,” ujarnya.

Sementara itu, A’ak Abdullah yang merupakan pegiat lingkungan di kabupaten Lumajang mengatakan, apa yang dilakukan Kades Purwosono sangat menginspirasi. Menurutnya, dengan menjadikan sungai menjadi tempat destinasi wisata maka alam lebih terjaga, apa lagi, kata A’ak, sekarang ini kali sejuk ramai di datangi warga sehingga bisa memberdayakan masyarakat sekitar dan juga menjadi tempat wisata yang edukatif. “Mudah-mudahan apa yang dilakukan Kades Purwosono bisa menginspirasi kita semua khususnya para kepala desa di Kabupaten Lumajang untuk memberdayakan masyarakat sekitar dengan mengelola potensi yang ada di wilayahnya, agar alam kita semakin lestari dan bermanfaat untuk kehidupan masyarakat,” katanya. (adi/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *