Connect with us

Pemerintahan

Bupati Situbondo Hadiri Panen Perdana Budidaya Tanaman Porang di Semambung

Diterbitkan

||

Memontum Situbondo – Bupati Situbondo, Karna Suswandi, optimis budidaya tanaman Porang bisa berkembang di Kabupaten Situbondo. Pasalnya, tanaman jenis umbi-umbian ini memiliki nilai ekonomis yang cukup menjanjikan, bahkan lebih menguntungkan dari tanaman jagung.

“Kita jangan hanya tertumpu dengan jagung saja, namun kita harus mencoba tanaman porang ini. Yang hasilnya lebih banyak dari pada jagung,” ujar Bung Karna, sapaan akrab Bupati Karna Suswandi, saat melakukan panen perdana tanan porang di Desa Semambung, Kecamatan Jatibanteng Situbondo Rabu, (09/06) tadi.

baca juga:

Dalam hitungan kasar, tambahnya, jika satu hektare bisa menghasilkan 30 ton porang, maka jika dikalikan dengan Rp 7 ribu per kilogram, maka hasilnya akan lumayan. “Tanaman porang mempunyai nilai komoditi tinggi. Sehingga, menjadi bahan ekspor yang menjanjikan. Ini bisa menjadikan porang sebagai produk unggulan di Kabupaten Situbondo” ujar Bung Karna.

Saat ini, lanjut Bupati, dirinya berharap dinas terkait dan camat dapat menyampaikan kepada masyarakat, bahwa tanaman porang ini sangat menjanjikan dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. “Menurut rencana ke depan akan dibangun pabrik Porang di Kabupaten Situbondo, dengan harapan pabrik ini mampu menampung hasil panen petani porang dengan harga yang diberikan bersahabat,” ungkapnya.

Ketua Perhimpunan Petani Porang Situbondo (P3Si), Junaedi si Bos Cilik, mengatakan Panen porang kali ini merupakan perdana di Kabupaten Situbondo dan langsung dihadiri Bupati Situbondo. “Ini merupakan titik awal, komunitas porang ini berkembang di Kabupaten Situbondo. Dengan hadirnya Pak Bupati Karna kami sangat berharap dukungan dari Pemkab Situbondo, agar program budidaya porang ini dapat diminati masyarakat dan mampu menopang ekonomi warga,” ungkapnya.

Junaedy berharap, kepada teman petani porang untuk mengikuti jejaknya sebagai petani porang, karena Situbondo memiliki lahan LMDH dan KTH yang cukup luas. Lahan areal hutan yang cukup besar untuk menanam porang yang dibutuhkan bagi tanaman porang. (her/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version