Connect with us

Lumajang

Sekda Lumajang Sampaikan Ucapan Terima Kasih ke Presiden Jokowi dalam Pembukaan Rakor Pengembangan Wilayah

Diterbitkan

||

Memontum Lumajang – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lumajang, Agus Triyono, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), atas programnya dalam percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Lumajang. Hal itu disampaikan Sekda atas nama Pemkab Lumajang, ketika membuka acara Rapat Koordinasi (Rakor) Pengembangan Wilayah Terpadu Perhutanan Sosial Kabupaten Lumajang, di Gedung Panti PKK Kabupaten Lumajang, Rabu (09/06) tadi.

Menurutnya, Kabupaten Lumajang yang memiliki banyak destinasi wisata bisa menyejahterakan masyarakat dalam bentuk peningkatan ekonomi. Namun, tambahnya, masih ada beberapa kendala. Pihaknya berharap, melalui program-program yang ada di Pemerintah Pusat, dapat memberikan fasilitas kemudahan dalam membangun dan memajukan destinasi wisata yang ada.

Baca Juga:

“Salah satunya yakni infrastruktur atau pembangunan jalan agar masyarakat yang ingin berwisata lebih mudah untuk menuju tempat wisata serta semua kalangan bisa menikmati destinasi wisata di Kabupaten Lumajang khususnya di Wisata Ranu Pani dan Ranu Kumbolo,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintah Daerah I Ditjen Bina Pembangunan Daerah, Ir. Edison Siagian, menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan Rakor guna mendukung pelaksanaan pengembangan wilayah terpadu perhutanan sosial di Kabupaten Lumajang yakni agrosilvopastura, Agroindustri dan Ekowisata. Perhutanan Sosial bertujuan untuk memberdayakan masyarakat di sekitar wilayah hutan dalam rangka mengatasi 3 hal pokok.

“Yaitu kemiskinan, lapangan kerja serta sebagai upaya pengolahan hutan berbasis masyarakat, peran perhutanan sosial harus sejalan dengan hal-hal yang terkait tujuan pembangunan berkelanjutan yang memadukan dengan bidang sosial, ekonomi, lingkungan,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten Deputi Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Sugeng Harmono, menyampaikan bahwa Program Perhutanan Sosial harus dicapai, sebab nantinya akan ada rencana aksi nasional dan ada pilot project yang dilaksanakan, harapannya ke depan dapat direplikasikan di daerah lain. “Kami mohon dukungan Sekda Lumajang untuk keberhasilan pilot project ini, karena jika hal tersebut berhasil maka nantinya bisa jadi replikasi di tempat yang lain dalam bentuk integrasi,” terang Sugeng Harmono. (adi/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version