Connect with us

Pemerintahan

Wali Kota Sutiaji Berharap LPMK Membantu Pemkot Menjaga Kondusifitas Kota Malang

Diterbitkan

||

Memontum Kota Malang – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus berupaya menggandeng warga masyarakat demi terciptanya keamanan serta kenyamanan dalam ranah sosial. Salah satunya dengan menggelar sosialisasi bertajuk Peningkatan Peran Serta Masyarakat Pada Penanganan Gangguan Konflik Sosial di Kota Malang. Acara yang diinisiasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bangkesbangpol), Selasa (15/06) ini pun turut dihadiri oleh Wali Kota Malang, Sutiaji.

“Kita harus membangun satu frame pemahaman yang sama untuk menghadapi permasalahan. Seperti yang tersampaikan pada sila ke-4 Pancasila, dimana harus ada kesepakatan bersama dan melalui proses demokrasi,” ungkap Wali Kota Sutiaji.

baca juga:

Menurutnya, perbedaan pendapat di tengah masyarakat merupakan suatu keniscayaan. “Namun kita sudah punya presiden, wakil rakyat di DPR maupun DPRD, dan Undang-Undang. Sehingga jika sudah terbentuk suatu kebijakan, maka harus kita ikuti dan taati. Kristis boleh, tapi jangan melawan,” sambungnya.

Oleh karena itu, pemilik kursi N1 itu berharap Pancasila jangan hanya sekedar dihafalkan. Tetapi perlu diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat, guna menciptakan kondisi yang tak rentan konflik.

“Mengaku Pancasilais tapi sehari-hari suka menyakiti orang, fitnah, atau membully. Ya namanya bukan Pancasiliais, terlebih di masa kemajuan teknologi yang perlu moral untuk menggunakannya. Agar tidak mudah bertutur kata yang menjatuhkan orang lain,” bebernya.

Lebih lanjut, Sutiaji juga mengatakan bahwa nilai kemanusiaan harus dibangun. Sehingga bisa menimbulkan rasa persatuan dan kesatuan satu sama lain.

“Sehingga Pemkot Malang melalui Bangkesbangpol menggelar acara ini dalam rangka minta tolong pada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) untuk sama-sama menjaga kondisifitas. Bagaimana mengurai secara pelan-pelan konflik yang ada di tengah masyarakat. Jika kondisi stabil, pembangunan Kota Malang dari segala aspek juga akan berjalan dengan lancar,” urainya. (mus/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *