Connect with us

Pemerintahan

Jaring Wirausaha Muda, Wagub Emil Promosikan Perwira di Bakorwil Pamekasan

Diterbitkan

||

KETERANGAN: Wakil Gubernur, Emil Dardak, saat memberikan keterangan seusai acara. (memontum.com/fid)

Memontum Pamekasan – Pemuda Wirausaha (Perwira) merupakan salah satu program Pemprov Jawa Timur, yang membuka ruang seluas-luasnya bagi pemuda yang akan berwirausaha. Program Perwira ini, gencar dipromosikan untuk mencari wirausaha muda yang kreatif dan inspiratif termasuk di Madura, tepatnya dalam acara yang berlangsung di Kabupaten Pamekasan, Rabu (15/06) tadi.

Untuk mendukung program tersebut, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, terus melakukan promosi untuk mencari wirausahawan muda yang inspiratif tersebut. Termasuk, di East Java Super Corridor (EJSC) Bakorwil Pamekasan. Setelah sebelumnya juga dipromosikan di Kota Surabaya, Malang dan Kota-kota lainnya.

Baca juga:

Kabupaten Pamekasan sendiri, menjadi tempat terakhir sosialisasi Program Pemuda Wirausaha (Perwira) di Pamekasan. “Pamekasan menjadi kabupaten/kota terakhir tempat sosialisasi pencarian Perwira tahun 2021 ini,” sambut Emil saat menjadi keynote speaker, Rabu (15/06) tadi.

Ditambahkan, sekarang ini banyak sektor-sektor baru yang bisa dimanfaatkan dan dijalankan oleh anak-anak muda. Yakni, menjadi pekerja lepas atau bekerja di bidang digital, ada juga di bidang ekonomi kreatif. Termasuk, menjadi wirausahawan langsung.

“Nah, dari itu teman-teman ini bisa dikembangkan dengan bergabung dengan komunitas salah satunya menjadi anggota Perwira Jatim ini,” tambah Emil.

Masih menurut Wagub, saat ini peluang kerja semakin terbatas, karena pekerjaan konvensional sudah banyak dilibas jenis-jenis pekerjaan baru yang sebelumnya tidak ada. Seperti, pelaku Gig Ekonomi, Pekerja Digital, Influencer hingga Unicorn.

“Dengan adanya dunia digital, semuanya serba mudah dan tentunya makin banyak kesempatan bisa diraih. Dahulu punya produk harus bayar puluhan juta, bahkan ratusan juta untuk sebuah iklan. Nah sekarang, lebih mudah bisa endors selebgram daerah. Misalkan itukan lebih mudah dan praktis,” imbuhnya.

Dengan rekrutmen Perwira ini, tambahnya, bisa jadi solusi. Nantinya, teman-teman akan dibimbing dan dibantu problem apa saja selama ini dihadapi. “Butuh teknologi, butuh ini butuh itu, kami siap membantu advisor atau pembimbing. Ini orang-orang hebat lho,” tambah suami Arumi Bachsin tersebut.

Lebih lanjut Wagub menambahkan, pihaknya tengah mencari calon Perwira di Madura. “Makanya, kami buka kesempatan seluas-luasnya. Apalagi, di beberapa titik di Jawa Timur, sudah ada EJSC. Sehingga, sebelumnya sudah ada geliat teman-teman Milenial,” ucapnya.

Plt Badan Koordinasi Wilayah Pamekasan (Bakorwil), Rahmad Hidayat, mengungkapkan kalau tema kegiatan yang diusung kali ini memang sangat strategis. Karena, bisa meningkatkan geliat perekonomian di wilayah Madura dan secara umum bagi Jawa Timur.

“Madura memiliki potensi ekonomi yang sangat besar, karena berdasarkan sensus BPS tahun 2020 sebanyak 4.446.500 atau 9,8 persen dari jumlah penduduk Jatim. Secara ekonomi 5 persen di Jatim dengan basis sektor pertanian 28 persen, sektor pertambangan 15 persen dan lainnya,” imbuhnya.

Harapannya dengan adanya platform digital ekonomi kreatif dan media sosial tersebut, tambahnya, bisa memberikan dampak dan perubahan yang tentunya digerakkan oleh pemuda dan pelaku UMKM. (fid/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *