Connect with us

SEKITAR KITA

Tingkatkan Pelayanan, RSUD dr Soegiri Lamongan Beri Tambahan TT di ICU

Diterbitkan

||

Tambahan kapasitas Tempat Tidur (TT) di ICU RSUD dr Soegiri Lamongan.

Memontum Lamongan – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soegiri Lamongan, kini menyiapkan kapasitas Tempat Tidur (TT) baru di layanan ICU.

Direktur RSUD dr Soegiri Lamongan, dr Moch Chaidir Annas, mengatakan bahwa setelah menambah kapasitas tempat tidur dan mesin di layanan hemodialisa (HD) atau cuci darah sebanyak 40 unit, yang semula hanya tersedia 7 TT, sekarang akan dilakukan penambahan TT di ICU.

baca juga:

“Pihak manajemen rumah sakit sudah menambah menjadi 24 TT di layanan ICU,” ujar Direktur RSUD dr Soegiri, dr Moch Chaidir Annas, Rabu (16/06) tadi.

Ditambahkan Annas, penambahan kapasitas di layanan HD dan ICU, bukan untuk gagah-gagahan atau style. Melainkan, untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

“Layanan HD dengan kapasitas 40 TT, sudah berjalan dan beroperasi. Sebagai rumah sakit berpelat merah, kami sudah berpikir sedemikian jauh terkait hal-hal yang terjadi di masyarakat. Seperti kasus penyakit ginjal,” ungkapnya.

Saat ini, tambahnya, layanan ICU dengan kapasitas 24 TT, masih terbanyak di Kabupaten Lamongan. Lokasinya, juga terkoneksi dengan layanan lain seperti IGD.

“Lokasi ruang ICU tepat di belakang IGD. Jadi dekat juga dengan ruang operasi, ponek, HD, dan laboratorium,” terangnya.

Annas menuturkan, pihaknya ingin pasien-pasien yang dalam keadaan emergency, segera dapat ditangani dengan baik dan tentunya sesuai standar.

“Konsep layanan terintegrasi (One Stop Service) layanan rawat jalan seperti poli, laboratorium, radiologi, dan apotek berlokasi di bagian depan gedung untuk memudahkan masyarakat,” kata Annas.

Selain itu, sambungnya, mulai tahun ini RSUD dr Soegiri sudah bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya. Tujuannya, untuk menjadi rumah sakit type B Pendidikan.

“Tinggal menunggu izin dari kementerian terkait. Sudah disiapkan satu lantai khusus untuk pendidikan kedokteran di RSUD dr Soegiri Lamongan,” paparnya.

Dirinya menjelaskan, peningkatan layanan RSUD dr Soegiri Lamongan, juga diiringi dengan perbaikan sarana prasarana. Berbagai alat kedokteran tercanggih telah digunakan diantaranya, CT Scan 128 Slice menghasilkan gambaran diagnostik dengan dosis radiasi rendah.

Juga ada, mamografi untuk mendeteksi dini penyakit payudara secara akurat, serta layanan tes swab PCR dengan tarif termurah. Termasuk, juga ESWL metode pemecahan batu ginjal melalui gelombang kejut dari luar tubuh pasien tanpa operasi.

“Alat-alat kedokteran yang digunakan merupakan yang tercanggih di Lamongan. Kami terus berkomitmen memperbaiki sarana dan prasarana untuk melayani masyarakat,” ucapnya.

Annas menambahkan, pelayanan pendaftaran di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soegiri Lamongan juga bisa diakses melalui aplikasi Soegiri Mobile. Memudahkan masyarakat agar tidak perlu antre. (son/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *