Connect with us

Hukum & Kriminal

Tingkatkan Keamanan di Masa Pandemi Covid-19, PN Malang Buat Terobosan Anjungan Pelayanan Mandiri

Diterbitkan

||

Kepala PN Malang Nuruli Mahdilis SH MH, Ketua DPC Peradi Malang Raya Iwan Kuswardi SH MH dan Kepala Pengadilan Tinggi Surabaya Dr H Herri Swantoro SH MH. (gie)

Memontum Kota Malang – Pengadilan Negeri Kota Malang terus melakukan inovasi dalam pelayanan terhadap masyarakat. Salah satunya dalam masa pandemi Covid-19, masyarakat yang membutuhkan pelayanan Posbakum, sudah tidak usah datang ke PN Malang. Cukup dengan membuka website PN Malang, kemudian akan diberikan arahan untuk membuka aplikasi yang nanti terkoneksi dengan Posbakum Peradi Malang Raya di PN Malang.

Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya Dr. H. Herri Swantoro, SH, MH mengatakan bahwa sistem ini sangat diperlukan pada masa pandemi. “Dengan sistem ini, petugasnya aman, penggunanya aman. Ini akan terua dikembangkan oleh PN Malang. Akan lebih nyaman. Lebih safety. Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan bantuan hukum secara online berjalan, orang gak perlu lagi ke sini (PN Malang). Di rumah masing-masing, tinggal buka web, terkoneksi bisa berkomunikasi secara langsung, mau konsultasi, kirim dokumen dan sebagainya bisa melalui online. Menghadapi pandemi harus cerdas. Kemajuan teknologi harua dimanfaatkan agar semua terlindungi. Tetap dalam prorokol kesehatan,” ujar Herri, Jumat (18/06) di PN Malang.

Baca juga:

Semantara itu Ketua PN Malang Nuruli Mahdilis SH MH, mengatakan bahwa dengan adanya Anjungan Pelayanan Mandiri, warga yang membutuhkan pelayanan Posbakum di PN Malang, tidak usah datang ke PN Malang. “Semuanya bisa dilayani, apabila lockdown, pelayanan pun tetap bisa berjalan. Jadi misalkan ada yang butuh pelayanan perdata, tinggal klik saja nanti muncul pelayanannya. Dengan adanya anjungan mandiri ini, masyarakat cukup di rumah saja mengginakan ponsel juga bisa. Ini untuk meminimalisir tatap muka,” ujar Nuruli Mahdilis.

Iwan Kuswardi SH MH, ketua DPC Peradi Malang Raya, bahwa Anjungan Pelayanan Mandiri membuat masyarakat semakin aman di masa pandemi. “Inovasi yg belum dilakukan oleh pengadilan di Jatim, mungkin juga di Indonesia bahwa pelayanan Pos Bakum itu bisa dilakukan tanpa harus datang ke PN. Tetapi bisa dilakukan secara online. Pengguna harus masuk dulu ke websitenya PN dari PN akan diberikan arahan untuk membuka aplikasi yang nanti terkoneksi dengan Posbakum PN Malang. Pelayanan ini akan terus dilakukan di jam kerja,” ujar Iwan usai peresmian Anjungan Pelayanan Mandiri PN Malang.

Dalam kesempatan ini, Iwan Kiawardi juga mengimbau kepasa masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan terutama dalam memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar rumah. (gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *