Connect with us

Bondowoso

Bupati Salwa Arifin Salurkan Bansos dari Budha Tzu Chi bagi Warga Miskin

Diterbitkan

||

Memontum Bondowoso – Bupati Bondowoso, Salwa Arifin, menyerahkan bantuan dari Yayasan Budha Tzu Chi dan Pengusaha Peduli NKRI untuk warga miskin Bondowoso yang terdampak pandemi Covid-19.

Usai Pelepasan yang dilakukan secara simbolis, petugas dari TNI ,Polri, Satpol PP, Tagana Dinsos, serta BPBD mendistribusikan bantuan hingga ke pelosok-pelosok dengan kendaraan dinas roda empat dan dua, Senin (28/06).

Baca Juga:

Dalam sambutannya, Bupati Salwa Arifin menjelaskan bantuan tersebut berupa 30 ton beras dan 6.000 masker.

“Saya berterima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi. Tentu ini sangat bermanfaat bagi masyarakat,” ucap Bupati.

Menurutnya, bantuan tersebut tentu juga meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari di tengah pandemi Covid-19.

Salwa Arifin memastikan, bahwa penerima bantuan merupakan masyarakat kurang mampu yang datanya diambil dari data pemerintah daerah.

“Tujuannya, tak lain agar bantuan tepat sasaran kepada mereka yang membutuhkan,” jelas Salwa Arifin.

Plt. Kepala Dinas Sosial, Saefuddin Suhri, memastikan penerima bantuan merupakan warga kurang mampu kategori desil satu.

Yakni masyarakat yang memang benar-benar miskin dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. (DTKS). “Desil satu itu artinya masyarakat miskin yang paling melarat,” jelasnya.

 Menurutnya kategori masyarakat tidak mampu ada 12 desil. Selama ini yang menerima bantuan itu desil 1-5. Sementara desil enam itu artinya tak mampu tapi bisa mandiri.

Diperkirakan bantuan ini merata diberikan di 209 desa dan 10 kelurahan. Yakni, dengan estimasi per desa/kelurahan mencapai sekitar 15-20 penerima.

Sementara itu, Koordinator Distribusi Bantuan Yayasam Buddha Tzu Chi se Jawa Timur, Valentino menjelaskan, setiap penerima mendapatkan 10 kilogram beras dan 20 pieces masker.  “Jadi ada tiga ribuan penerima di Bondowoso,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan di seluruh pulau Jawa. Dengan estimasi penerima setiap kabupaten/kota sama.

“Total  satu juta paket yang diutamakan kepada warga warga terdampak Covid-19,” paparnya

Ia mengaku penerima sendiri bansos Covid -18 Buddha Tzu Chi dikoordinasikan dengan Pemerintah Daerah Bondowoso, Kodim 0822, Polres setempat. Tujuannya agar bisa tepat sasaran penerima. “Kita upayakan semua kabupaten bisa mendapat tambahan bantuan,” imbuhnya pada Bupati Bondowoso. (dul/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *