Connect with us

SEKITAR KITA

Kampanyekan Gemarikan, Novita Hardiny Ajak Masyarakat Penuhi Asupan Gizi

Diterbitkan

||

Ketua Forikan Trenggalek saat membagikan paket olahan ikan ke salah satu masyarakat.

Memontum Trenggalek Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Trenggalek Novita Hardini Mochamad kampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Pendopo Agung Manggala Praja Nugraha, Rabu (30/6). Kampanye ini dimaksudkan agar pemenuhan gizi bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Trenggalek terwujud.

“Tujuannya tidak lain memasyarakatkan budaya gemar makan ikan guna pemenuhan asupan gizi keluarga, utamanya warga masyarakat Kabupaten Trenggalek,” ungkap Novita Hardiny, Rabu (30/06/2021) pagi.

Baca juga:

Wanita yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK ini mengaku, kampanye Gemarikan ini dirasa perlu dilakukan. Juga untuk pembinaan keluarga utamanya dalam rangka pemenuhan gizi keluarga dalam mencegah gagal tumbuh kembang anak akibat stunting. “Mari memasukkan menu ikan dalam daftar makan setiap hari. Tujuannya untuk pemenuhan kecukupan asupan gizi,” imbuhnya.

Lebih lanjut istri Bupati Trenggalek ini mengungkapkan, setiap hari pemenuhan gizi keluarga di Trenggalek itu sudah cukup. Akan tetapi, hal itu bisa lebih ditingkatkan.

“Yang kita tau bahwa Trenggalek merupakan salah satu daerah penghasil ikan. Produktifitas ikan juga semakin naik dari tahun ke tahun, namun konsumsi ikan oleh masyarakat masih dirasa kurang,” jelas Novita.

Oleh karena itu, ia merasa perlu untuk melakukan gerakan ajakan memasyarakatkan memakan ikan di daerahnya. Selain murah dan terjangkau, gizi ikan dirasa cukup memenuhi kebutuhan gizi keluarga.

“Apalagi dimasa Pandemi Covid 19 seperti ini, selain kepatuhan protokol kesehatan pemenuhan gizi yang baik juga menjadi faktor pendukung terjaganya imunitas tubuh,” pungkasnya.

Dalam kampanye Gemarikan ini, Ketua Forikan Kabupaten Trenggalek tersebut membagikan sejumlah paket olahan ikan kepada masyarakat. Paket olahan ikan sendiri disediakan Dinas Perikanan Kabupaten Trenggalek. Perlu diketahui, olahan ikan sendiri menjadi pilihan yang tepat dan cara lain memakan ikan dalam bentuk makanan lain. (mil/syn)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *