Connect with us

KREATIF MASYARAKAT

Ingin Sensasi Gule dan Sate Kepala Ikan Manyung? RM Orental Purnama Pasir Putih Situbondo Solusinya

Diterbitkan

||

Memontum Situbondo – Gule dan Sate Kepala Ikan Manyung yang disajikan Rumah Makan Orental Purnama yang berlokasi di Wisata Pantai Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo di buru para penikmat kuliner, Minggu (04/07).

Rumah makan milik Koperasi Polres Situbondo yang berdiri sejak jaman Kolonial Belanda ini terus berinovasi dengan berbagai masakan berbahan ikan laut segar. Diantaranya, masakan gule dan sate berbahan baku ikan Manyung segar.

Baca Juga:

Masakan gule dan sate Kepala Ikan Manyung atau ikan Jambal Roti segar ini, merupakan menu khas Rumah Makan Orental Purnama ini yang banyak diminati para penikmat kuliner dari berbagai daerah di Jawa Timur.

“Masakan gule dan sate kepala Ikan Manyung ini, rasanya nikmat dan tidak kawatir diserang penyakit kolestrol. Sebab, bahan bakunya ikan seger dan proses memasaknya juga menggunakan rempah-rempah alami,” kata Hatimah, seorang pengunjung rumah makan ini saat menikmati Gule dan sate kepala Ikan Manyung.

Lebih lanjut, Hatimah mengatakan bahwa masakan gule dan kepala Ikan Manyung yang disajikan Rumah Makan Orental Purnama ini, rasanya beda dengan masakan yang ada di rumah makan lain. Gule dan sate kepala Ikan Manyung di rumah makan ini mempunyai ciri khas tersendiri.

“Bumbu rempah gule dan sate kepala Ikan Manyung yang diracik koki yang berpengalaman, diuleg dengan tangan bukan menggunakan mesin. Sehingga, ciri khas rempah bumbu gule dan sate kepala Ikan Manyung tersebut meresap dan memunculkan citra rasa dari masakan itu sendiri,” jelas Hatimah.

Tak hanya itu yang disampaikan Hatimah pelanggan setia Rumah Makan Orental Purnama ini. Namun, dia juga menjelaskan bahwa, jika ke Pasir Putih bersama keluarga sudah dipastikan mampir dan makan gule dan sate kepala Ikan Manyung. “Terasa kurang, jika saya bersama keluarga tidak menikmati kuliner gule dan sate kepala Ikan Manyung di Rumah Makan Orental Purnama Pasir Putih,” ujar Hatimah.

Sementara itu, pengelola Rumah Makan Orental Purnama, Risdiyana, menjelaskan bahwa salah satu ciri khas masakan di rumah makan ini, yaitu masakan gule dan sate kepala Ikan Manyung.

“Menu gule dan sate kepala ikan Manyung segar merupakan salah satu masakan favorit yang di buru para penikmat kuliner dari berbagai daerah di Jawa Timur. Bumbu rempah untuk gule dan sate kita uleg dengan tangan agar aroma dari bumbu tersebut mengeluarkan citra rasa yang sebenarnya,” jelas Risdiyana.

Lebih lanjut, Risdiyana mengatakan bahwa, memasak gule dan sate kepala Ikan Manyung bukan hal yang mudah. Jika salah dalam mengolah masakan gule dan sate kepala Ikan Manyung, maka bisa dipastikan citra masakan tersebut akan hambar.

“Kita mematok harga satu porsi gule dan sate kepala ikan Manyung Rp. 20 ribu plus nasi putih. Harga ini terjangkau dan relatif murah jika dibandingkan dengan rumah makan lain. Masalah rasa kami tidak kalah dengan restoran bintang lima,” tutur Risdiyana. Pada masa PPKM Darurat, sambung Risdiyana, rumah makan ini tetap buka namun terbatas. “Kita tetap buka, tapi pembeli yang makan ditempat kita batasi. Kita memprioritaskan pemesanan secara online via WhatsApp 082213402908,” ujar Risdiyana. (her/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *