Connect with us

Pemerintahan

3 Ribu Dosis Vaksin Disiapkan untuk Serbuan Vaksinasi Masyarakat Maritim Lamongan

Diterbitkan

||

3 Ribu Dosis Vaksin Disiapkan untuk Serbuan Vaksinasi Masyarakat Maritim Lamongan

Memontum Lamongan – Sebanyak 3 ribu dosis vaksin Sinovac disiapkan untuk serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim Lamongan, Kamis (15/07) tadi. Pelaksanaan yang rencananya disebar di enam titik itu, dihadiri langsung oleh Panglima Koarmada II, Laksamana Muda TNI Dr Iwan Isnurwanto, S.H. M.A.P., M.Tr. (Han), Gubernur Jatim dan Bupati Lamongan.

Menurut Dr Iwan, kegiatan ini dalam rangka percepatan vaksinasi untuk melawan penyebaran Covid-19. “Menindaklanjuti perintah Presiden Jokowi terkait percepatan vaksinasi Covid-19 di Indonesia, kami dari TNI yang bersinergi dengan Polri serta Pemerintah Daerah, memenuhi target vaksinasi sebanyak 1 juta dosis per hari,” kata Dr Iwan, Kamis (15/07).

Baca juga:

Ditambahkan, target TNI khususnya Angkatan Laut, yakni masyarakat maritim di pesisir pantai dan di pulau-pulau. “Kita berkomitmen, berkontribusi dan siap mendukung tugas-tugas kedepannya, khususnya untuk masyarakat maritim pesisir pantai serta kepulauan yang susah dijangkau. Nantinya, kita akan menggunakan kapal untuk menjangkau pulau-pulau tersebut,” imbuh Dr Iwan.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indarparawansa, yang turut hadir pada acara tersebut juga menyampaikan target vaksinasi untuk Provinsi Jawa Timur, yakni 70 persen penduduknya untuk mencapai herd immunity.

“Kita mengejar 70 persen penduduk Jawa Timur, tuntas divaksinasi dalam waktu dekat untuk mencapai herd immunity. Oleh karena itu, kita Pemerintah Daerah harus bersinergi dengan TNI dan Polri. Bersatu padu memadukan gerak langkah untuk melakukan percepatan vaksinasi,” ungkap Khofifah.

Gubernur Khofifah juga mengingatkan kepada Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, terkait vaksinasi anak usia SMP dan SMA agar segera dilaksanakan. “Kepada Bupati Lamongan, titip anak-anak SMP dan SMA yang akan dilakukan vaksinasi serta pemberian dosis ketiga untuk para tenaga kesehatan. Para lansia juga agar segera dilakukan percepatan,” imbuhnya.

Khofifah juga mengatakan, ketersesian oksigen di Jawa Timur, stoknya mencukupi. Hanya saja, karena permintaannya meningkat dan pendistribusiannya terbatas armada dan tenaga.

“Oleh karena itu diperlukan koordinasi antara rumah sakit dan forpimda agar dapat dikondisikan armada dan tenaga pendistribusian kebutuhan oksigennya supaya pemenuhan oksigen tidak terkendala,” tambah Khofifah.

Enam titik vaksinasi di masyarakat maritime Lamongan hari ini, yakni di Kantor Kecamatan Karnggeneng sebanyak 500 dosis, Kantor Kecamatan Laren 500 dosis, Kantor TPI / TPN Brondong 600 dosis, Kantor Balai Desa Sedayu Lawas 400 dosis, Ponpes Maslahul Huda Kandangsemangko 300 dosis, dan Kantor Desa Kemantren 700 dosis. (fjr/zen/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *