Connect with us

Pemerintahan

Wabup Situbondo Ikuti Peringatan HAN secara Virtual Bertema Anak Terlindungi, Indonesia Maju

Diterbitkan

||

Memontum Situbondo – Pandemi yang terus berlangsung tidak menghalangi Perayaan Hari Anak Nasional (HAN) 2021. Peringatan Hari Anak Nasional, pun digelar secara daring dan bertempat di Intelegent Room (IR), Jumat (23/07) tadi.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati, mengatakan bahwa perayaan HAN yang jatuh pada tanggal 23 Juli ini, berlangsung secara virtual seperti tahun lalu, karena pandemi Covid-19 belum berakhir. Kendati demikian, peringatan itu diharapkan tidak sekadar ceremonial. Tetapi, menjadi momen bagi semua pihak untuk berpartisipasi menjamin pemenuhan hak anak, serta melindungi anak dari kekerasan dan diskriminasi.

Baca juga:

“Semua kebijakan dan langkah yang diambil, baik pemerintah pusat hingga pemerintah daerah, hendaknya demi kepentingan terbaik anak-anak. Terutama, keselamatan anak di masa pandemi Covid-19. Tahun ini, Hari Anak Nasional (HAN) 2021 yang diperingati setiap tanggal 23 Juli mengangkat tema ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’ yang membawa pesan pandemi tidak menyurutkan komitmen melaksanakan HAN,” katanya.

Peringatan HAN tahun 2021 secara virtual itu, juga dihadiri Wakil Bupati Situbondo, Nyai Hj Khoirani, Kapolres yang diwakili oleh Waka Polres Situbondo, Kompol Pujiarto SH, Dandim 0823 yang diwakili oleh Kasdim 0823 Situbondo, Sampak, Kajari yang diwakili oleh Kasi Datun, Alfiyah Yustiningrum SH, dan para Asisten 1,2 dan 3 serta Kepala DPPPA Situbondo, H Imam Hidayat, bersama jajarannya.

Wabup Situbondo, Nyai Hj Khoirani, mengatakan bahwa momen Hari Anak Nasional tahun 2021 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo siap menggelar vaksinasi masal Covid-19, untuk dosis pertama bagi pelajar. Tujuannya, untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Kota Santri.

Lebih lanjut Nyai Khoy mengatakan, pelaksanaan vaksinasi masal Covid-19, akan dimulai pada hari Senin (26/07) di SMAN 2 Situbondo. “Tadi saya sudah rapat dengan Pak Asisten, Kepala DP3A dan Dinas Kesehatan. Kita awali di SMA 2,” ucapnya seusai mengikuti acara peringatan hari anak nasional (HAN) secara virtual.

Perempuan yang pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Situbondo ini menjelaskan, vaksinasi massal Covid-19 untuk para pelajar, akan diprioritaskan terlebih dahulu kepada pelajar SMA dan kelas IX SMP. “Stok vaksin sudah ada, tinggal kita distribusikan saja,” tegasnya.

Masih menurutnya, perempuan yang akrab disapa Nyai Khoi ini berharap, vaksinasi masal Covid-19 dosis pertama untuk para pelajar bisa berjalan dengan lancar dan sukses. “Karena ini merupakan program nasional, maka semua masyarakat harus mendukung,” imbuhnya .

Ditempat yang sama, Kapala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Situbondo, H Imam Hidayat, mengungkapkan pihaknya saat ini tengah fokus pada kesiapan vaksinasi masal Covid-19 dosis pertama untuk para pelajar. “Karena ini akan menjadi pelopor bagi keluarganya serta lingkungannya, maka kita siapkan data pendukungnya,” kata H Imam Hidayat. (her/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version