Connect with us

SEKITAR KITA

Koarmada II Siapkan Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Wonokromo

Diterbitkan

||

Memontum Surabaya– Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Surabaya, Laksamana Muda TNI, Iwan Isnurwanto, menyampaikan pihaknya tengah mempersiapkan fasilitas rumah sakit darurat untuk pasien Covid-19, di Jalan Opak, Kecamatan Wonokromo.

Keberadaan fasilitas kedarurat itu sendiri sebagai bentuk tindak lanjut dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Yudo Margono, untuk membantu meringankan beban perawatan yang ada di rumah sakit.

Baca Juga:

“Ini ada rumah sakit Karang Pucung di pangkalan marinir di Jalan Opak,” kata Iwan di Lapangan Thor, Gelora Pancasila, Jumat (30/07) sore.

Penanganan dan operasional rumah sakit itu diampu langsung oleh Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr Ramelan Surabaya.

Per pekan depan, kata Iwan, operasional rumah sakit darurat di wilayah bagian selatan Kota Surabaya itu direncanakan sudah mulai beroperasi.

“Pembentukan rumah sakit darurat tak hanya di Kota Surabaya saja. Angkatan Laut juga mendirikan fasilitas serupa di daerah lainnya. Di Jakarta ada RS yang diampu RS Mintoharjo. Di Surabaya ada RS karang Pucung yang diampu RS dr Ramelan,” jelasnya.

Sementara itu,  Untuk kapasitasnya, Rumah Sakit Darurat Karang Pucung itu sanggup menampung hingga 800 tempat tidur. Fasilitas lainnya, seperti hepa filter, ruang nakes dan pasien serta kamar mandi sudah dipersiapkan.

“Ada 2 lantai dan bilik yang disiapkan untuk personel dan Pasien. Pak KASAL Yudo sudah melakukan kunjungan pada 22 Juli lalu,” ujarnya.

Selain itu, Iwan berharap warga Surabaya yang terpapar Covid-19 bisa langsung tertangani.

“Isoman dikhawatirkan tidak ada pengawasannya. Karena ketika Isoman nggak tahu CT Value atau tingkat infeksius mereka,” terang Iwan. (ade/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version