Connect with us

Hukum & Kriminal

Polres Probolinggo Gelar Vaksinasi dan Bansos untuk OKP

Diterbitkan

||

Memontum Probolinggo – Dalam rangka mempercepat proses capaian vaksinasi di Kabupaten Probolinggo, Polres Probolinggo menggelar vaksinasi Covid-19 dan pendistribusian bantuan sosial (bansos) bagi anggota OKP (Organisasi Kemasyarakat Pemuda) di Kabupaten Probolinggo yang terdampak Covid-19, Sabtu (31/07).

Kegiatan yang dilaksanakan di Mapolres Probolinggo ini dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo, Timbul Prihanjoko, Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi, Dandim 0820 Probolinggo, Letkol Imam Wibowo, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, Andi Suryanto Wibowo serta jajaran Polres Probolinggo.

Baca Juga:

Dalam kesempatan tersebut Wabup Timbul didampingi Kapolres Probolinggo dan Forkopimda meninjau dari dekat proses pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh para tenaga kesehatan (nakes).

Wabup Probolinggo meminta masyarakat agar dengan sukarela dan sadar untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 yang sudah dicanangkan oleh pemerintah dalam rangka membentuk kekebalan tubuh agar bisa terhindari dari paparan Covid-19.

“Selain vaksin, masyarakat juga bisa melakukan upaya sendiri untuk meningkatkan imunitas tubuh. Salah satunya dengan terbiasa mengkonsumsi empon-empon yang sangat mudah didapatkan oleh masyarakat. Jadi sebelum divaksin, masyarakat juga sudah mempunyai imunitas sebagai pertahanan sendiri,” katanya.

Demi mempercepat proses vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Probolinggo jelas Wabup Timbul, Pemerintah Kabupaten Probolinggo setiap hari terus berusaha melakukan jemput bola ke desa-desa mengadakan vaksinasi bagi masyarakat.

“Hingga saat ini capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Probolinggo baru mencapai 22% dari target 70% agar bisa membentuk herd immunity di Kabupaten Probolinggo. Untuk stok vaksin masih tersedia sebanyak 52.000 dosis yang mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat. Insya Allah untuk target 70% ini mampu kita lakukan selama 6 bulan ke depan. Mohon doa dan kerja sama dari semua elemen masyarakat,” harapnya.

Sementara Kapolres Probolinggo menyampaikan dalam rangka mendukung capaian vaksinasi, Polres Probolinggo terus menggalakkan pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat melalui gerai vaksin yang sudah dibentuk di Kabupaten Probolinggo.

“Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI, kita akan mempercepat vaksinasi masyarakat dengan memperbanyak gerai vaksin di setiap polsek di wilayah Kabupaten Probolinggo yang nantinya juga akan dibantu oleh puskesmas sehingga masyarakat akan lebih mudah dalam mengakses,” ujarnya.

Kepada masyarakat yang memang memiliki keterbatasan atau tidak bisa hadir, Kapolres menegaskan akan melaksanakan program vaksin door to door untuk menemui masyarakat yang tidak bisa hadir di lokasi vaksinasi.

“Untuk kegiatan vaksinasi ini kami melakukan kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Probolinggo dan beberapa pihak terkait. Selain dari tenaga kesehatan dan relawan yang sudah dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo, kami juga dibantu oleh tenaga kesehatan dari TNI. Dengan adanya sejumlah tenaga kesehatan yang ada ini akan mempermudah kami dalam melakukan kegiatan vaksinasi buat masyarakat wilayah Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Menurut Kapolres, terkait dengan kegiatan vaksinasi maupun protokol kesehatan ini yang menjadi kendala adalah banyaknya berita hoax sehingga membuat masyarakat menjadi salah paham terhadap program-program yang dilakukan oleh pemerintah. “Oleh sebab itulah kami menggandeng rekan-rekan dari LSM, ormas, OKP dan mahasiswa untuk dibantu memberikan penjelasan kepada masyarakat bahwa memang vaksin ini aman dan diperlukan bagi masyarakat sehingga nantinya akan lebih kuat dalam menghindari dari penyebaran virus Covid-19,” kata Kapolres. (geo/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version