Connect with us

SEKITAR KITA

Kemendagri Tetapkan Pilkades Serentak Sumenep Digelar Oktober

Diterbitkan

||

Memontum Sumenep – Setelah beberapa kali dilakukan penundaan, akhirnya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Sumenep untuk tahun 2021 ditetapkan pada Oktober 2021 mendatang. Hal itu, sebagaimana mengacu pada surat dari Menteri Dalam Negri (Mendagri).

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Moh Ramli, mengatakan bahwa pemerintah pusat menetapkan Pilkades pada Oktober melalui surat Nomor; 141/4251/SJ. “Ya, betul. Pilkades serentak akan dilaksanakan pada Oktober,” jelasnya.

Baca juga:

Lebih lanjut Ramli mengatakan, pihaknya sementara tidak bisa memprediksi, tanggal kapan Pilkades serentak akan dilaksanakan. Sebab, dikhawatirkan ada perubahan secara dadakan atau ketentuan lain. Hanya saja, dalam ketentuan surat tersebut, dijelaskan ditunda 2 bulan lagi.

“Amanat dari Kemendagri itu, 2 bulan terhitung dari tanggal 9 Agustus sampai 9 Oktober. Tapi kan masih ada kalimat lanjutan atau ketentuan lain. Yakni, bisa saja 10 hari ke depan ada ketentuan lain. Kita tidak bisa memprediksi itu,” ujarnya.

Mantan Kadinsos ini mengatakan, pelaksanaan ketentuan tersebut tidak bisa diotak-atik. Sebab, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, tidak punya kewenangan untuk memaksakan atau mengubah aturan dari pusat. “Pastinya, bupati tidak punya kewenangan untuk memaksakan itu. Artinya, kita hanya bisa mengikuti dinamika pusat,” jelasnya. (dan/edo/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *